by

Wujudkan Optimalisasi, Bupati H Sukiman Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan Dirjen Pajak

ROKAN HULU-Pemkab Rokan Hulu (Rohul)  menandatangani perjanjian kerjasama   optimalisasi pemungutan pajak Pusat dan Pajak Daerah dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Provinsi Riau, di Ruang Rapat Rumdis Bupati, Rabu (21/4/2021),

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kanwil DJP Riau Aspril Antomiardi Widodo, Sekda Rohul H Abdul Haris S Sos MSi, Kepala KP2KP Pasir Pengaraian Larisman Gaja, Kepala Bapenda Rohul Elbizri SSTP dan lainnya.

Sementara program ini merupakan perluasan kerjasama tahap ke-III dengan pemerintah daerah, setelah program piloting pada tahun 2019 bekerjasama dengan 7 Pemerintah Daerah dan pada tahap ke II di tahun 2020 lalu dengan 78 pemerntah daerah, termasuk dengan Pemkab Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman, Kamis (22/4/2021) berharap dengan adanya kerjasama dengan DJP ini untuk mengoptimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah agar dapat memberi informasi dan data perpajakan.

“Dengan harapan dapat digunakan untuk menggali potensi perpajakan dan evaluasi penerimaan pajak di Negeri Seribu Suluk,” imbuhnnya.

“Alhamdulillah hari kita telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan DJP dalam rangka Optimalisasi Pemungutan pajak Pusat dan daerah,” imbuhanya.

“Kita berharap bagaimana kita bisa mengoptimalkan potensi Pajak yang ada di Kabupaten Rohul, baik nantinya Pajak yang dipungut yang didapatkan oleh Pemkab menjadi penerima Pajak dan retribusi daerah, untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya

Mantan Dandim Inhil ini berharap dengan perjanjian kerjasama ini, diharapkan bisa meningkatkan penerimaan pajak daerah, dengan memanfaatkan seluruh potensi pajak yang dimiliki Kanwil DJP Riau.

“Kemudian juga dana bagi hasil dan pajaknya kembali ke Kabupaten Rohul serta potensi yang ada sesuai kewenangan yang boleh dipungut pemerintah daerah ini akan menjadi poin poin dalam perjanjian tersebut,” ujarnya.

“Kerja sama ini nantinya mulai dari pemutahiran data, pemetaan potensi, penyuluhan Pajak, penagihan sampai dengan adanya sanksi, karena Kanwil DJP Riau ini bisa memberikan sanksi kepada wajib pajak setelah dilakukan upaya penagihan wajib pajak yang tidak melaksanakan kewajiban, ini yang kita harapkan betul-betul penerimaan pajak Pusat dan daerah di Rohul bisa Optimal,” kata H Sukiman

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kanwil DJP Riau Aspril Antomiardi Widodo menjelaskan dalam mengoptimalkan penerimaan pajak khususnya di wilayah Riau, DJP melakukan perluasan kerja sama di wilayah Riau dengan 3 kepala daerah yaitu Bupati Kampar, Bupati Rokan Hulu dan Bupati Siak.

Lanjut Aspril, ruang lingkupnya diatur dalam perjanjian kerja sama ini antara lain adalah pembangunan basis data perpajakan yang berkualitas, koordinasi dalam penyusunan regulasi pajak daerah, pendampingan dan dukungan kapasitas di bidang perpajakan, pelaksanaan pengawasan bersama di bidang perpajakan serta kegiatan lain yang dipandang perlu dalam rangka optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah.

“Pajak saat ini menjadi sumber pendapatan yang sangat diandalkan untuk pembiayaan pembangunan, pembiayaan keamanan, infrastruktur, pelayanan kesehatan dan pembiayaan lain baik yang dikelola Pemerintah Pusat dan Daerah,” sebutnya.

Penanganan penyebaran wabah Covid-19 saat ini tentunya juga membutuhkan perhatian khusus dan pembiayaan yang sangat besar baik untuk vaksinasi ataupun penanganan medis lainnya.

“Melalui kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan tugas antar instansi pemerintah pengelola pajak pusat dan pajak daerah,” pungkasnya mengakhiri.

(A-PR/adv)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed