by

Antisipasi Lakalantas, Plh Bupati Rohul Tinjau Pemasangan Road Barrier Beton Di U-Turn Depan BRI

ROKAN HULU-Pasca beroperasinya BRI Cabang Pasir Pengaraian, aktivitas dan arus lalu lintas di U-Turn (Putar Balik Arah) didepan BRI Pasir Pengaraian cukup ramai dan padat.

Untuk mencegah terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas), Dinas Perhubungan (Dishub) Rohul melakukan pemasangan Road Barrier (Pembatas Jalan) Beton di U-Turn Depan BRI, yang ditinjau langsung Plh Bupati Rohul H Abdul Haris Lubis  S Sos M Si, Jum’at (23/4/2021).

Saat pemasangan Road Barrier Beton di U-Turn Depan BRI itu, tampak juga dihaidri Plt Kadishub Rohul Minarli Ismail SP, Kabid Lalulintas Angkutan Jalan Dishub Rohul Afrizal S.Sos serta Pihak Satlantas Polres Rohul.

Plh Bupati Rohul H Abdul Haris S Sos M Si saat dikonfirmasi mengatakan setelah melakukan pengkajian dengan Dishub dan Satlantas Polres Rohul, urgensi pemasanagan Road Barrier Beton sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya lakalantas.

“Jumat pagi, saya bersama pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hulu dan Satlantas Polres Rohul menutup permanen u-turn depan Kantor Bank BRI Cabang Pasir Pengaraian dengan Road Barrier Beton, sehingga tidak bisa dibuka tutup lagi,” ujarnya

“Jadi U-Turn ini ditutup karena banyaknya laporan masyarakat yang merasa tempat balik arah kendaraan ini mengganggu keamanan, dan rawan kecelakaan,” tambah Abdul Haris.

Sementara itu, Plt Kadishub Rohul Minarli Ismail SP saat dikonfirmasi mengaku pemasangan Road Barrier beton di U-Turn depan BRI ini telah melakukan pengkajian dan pemantauan dengan Satlantas Polres Rohul, karena arah putar balik dapat memicu lakalantas.

“Sebenarnya kita telah mengkaji dan memantau beberapa waktu lalu dengan Polres Rohul, karena arah putar balik itu sangat berbahaya yang dapat memicu lakalantas, maka kita lakukan beberapa tindakan,” jelasnya

“Pertama diantaranya pemasangan Road Barrier, Ternyata waktu itu Road Barrier ini masih bisa digeser pengguna jalan, itu bahkan menambah bahaya, makanya kita ganti dengan Road Barrier Beton. Tadi perintah Plh Bupati Rohul kalau bisa ditutup permanen, supaya tidak terjadi Lakalantas,” tambah Minarli

Selain mencegah Lakalantas, Lanjut Minarli, pemasangan Road Barrier Beton ini juga untuk mencegah balapan liar.

“Selain itu jika tidak ditutup permanen, akses masuk ke BRI banyak para pengendara yang menyerobot dan Forboden, untuk mencegah kecelakaan makanya kita buat yang permanen,” terangnya

“Tujuan kita sebenarnya untuk mengatur lalu lintas supaya tidak terjadi kecelakaan, kita berusaha memperlancar mengaman lalulintas bukan menutup akses sama sekali, kalau tempat lain untuk memutar arah bahkan sampai 1 KM, biarlah kita jauh memutar, asalkan selamat dalam berlalu lintas,” ujarnya.

 

*(adv-MC/Kominfo_hend)*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed