by

PENYUSUNAN RPJMD HARUS REPSENTATIB DENGAN VISI MISI BUPATI DAN WAKIL BUPATI ROHUL

ROKAN HULU detikperistiwa.com – Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman meminta kepada seluruh Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar melakukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) 2016-2021 dengan mengacu pada Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Rohul Terpilih Suparman-Sukiman ” Membangun Desa Menata Kota”

Hal tersebut ditegaskan Plt Bupati Rohul H. Sukiman, Senin (25/7), di hadapan Kepala SKPD, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pemaparan perumusan RPJMD Kabupaten Rohul di Kantor Bapeda Rohul, Pasir Pengaraian.

Mantan Dandim Inhil itu menyatakan, RPJMD 2016-2021, haruslah memprioritaskan program utama tertuang dalam visi misi, sudah disusun yakni pariwisata, listrik, jalan dan jembatan.

Untuk memaksimalkan pencapaian 4 program prioritas di tengah terbatasnya keuangan daerah, Sukiman meminta kepada seluruh  SKPD untuk dapat mengurangi anggaran program-program diluar 4 program prioritas tersebut.

“Kedepan pola pembangunan yang paling kita utamakan fokusnya adalah pembangunan infrastruktur untuk  kepentingan rakyat seperti pariwisata, listrik, jalan dan jembatan, sementara untuk yang lainya saya minta dikurangi,” tutur Sukiman.

Untuk merealisasikan visi dan Misi tersebut, Sukiman meminta kepada seluruh SKPD untuk dapat bersinergi serta bekerja  dengan penuh rasa kesadaran dan tanggung jawab, serta mengenyampingkan ego sektoral.

“Harapan saya, bekerjalah dengan baik, ikhlas dan anggaplah pekerjaan itu ibadah, dengan kebersamaan saya yakin  visi misi yang kita rumuskan bersama dapat tercapai 5 tahun kedepan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Rohul, Nifzar menjelaskan, dalam penyusunan RPJMD ini akan disusun titik point arah pembangunan serta isu strategis pembangunan yang harus dilakukan SKPD dalam waktu 5 tahun kedepan sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Menurutnya, sesuai arahan pimpinan pembangunan infratsruktur jalan, jembatan, pariwisata dan listrik akan menjadi prioritas utama. Namun demikian, dokumen perencanaan yang akan dirumuskan  tetap akan menjaga konsistensi urusan wajib pemerintah  seperti pendidikan 20 persen, kesehatan 10 persen,serta program peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu program-program yang termuat dalam RPJM, juga akan diselaraskan dengan program prioritas provinsi dan juga nasional, sehingga ketika keuangan kita tidak menyanggupi maka bisa kita usulkan ke pemprov dan juga pusat,” ujarnya.

Berdasarkan jadwal, penyusunan rumusan RPJMD akan dilakukan selama satu minggu mulai dari 25 juli sampai 1 Agustus 2016. Nanti, setelah selesai dirumuskan, RPJMD ini akan dilakukan Finalisasi bersama tim ahli untuk kemudian dibawa dalam musrembang RPJMD yang rencananya akan digelar di awal agustus 2016.

“Musrembang RPJMD ini tujuanya untuk memadukan arah tujuan pembangunan rokan hulu 5 tahun kedepan,  di dalam RPJMD itu sudah mengakomodir Visi Misi Bupati terpilih, target capaian rencana strategis dan di tambah dengan masukan tokoh masyarakat dan pihak swasta,” jelas Nifzar.

Nifzar menargetkan penyusunan perumusan Rancangan RPJMD Rohul 2016-2021 diupayakan rampung pada bulan agustus 2016. Setelah rampung, maka pemkab akan mengajukan Rancangan tersebut Ke DPRD Rohul untuk dibahas dan disetujui menjadi peraturan daerah (perda)

” Mudah-mudahan agustus sudah sampai ke DPRD rohul, selanjutnya rancangan RPJMD itu kita serahkan ke DPRD untuk membahas dengan mekanisme yang ada di DPRD” pungkasnya. adv/humas (Endar. R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed