by

RAPAT PARIPURNA DPR PERINGATI HUT DPR KE-72

 

 

 

JAKARTA-Pembukaan Sidang Paripurna dalam rangka HUT DPR RI ke-72 dibuka Wakil Ketua DPR Fadli Zon, dengan agenda tunggal berupa penyampaian laporan kinerja DPR RI tahun sidang 2016-2017, Selasa (29/8) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

 

Turut hadir dalam acara tersebut mantan ketua DPR Marzuki Alie, wakil ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifudin dan ketua MPR sebelumnya, Abdul Gafur, Agung Laksono serta ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) dan para mantan Sekjen DPR RI.

 

Usai Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyampaikan sambutan dan pembukaan sidang, dilanjutkan pidato dari ketua DPR Setya Novanto.

 

Ketua DPR memaparkan, dalam memasuki sidang ke-14, fungsi legislasi tidak hanya didasarkan pada pencapaian dalam program legislasi nasional atau prolegnas.

 

“DPR terus berupaya agar UU yang dihasilkan dapat difungsikan seaktif mungkin jauh kedepan sebagaimana praktek di negara-negara demokrasi yang telah mapan,” kata Setnov.

 

“Kedepan, perencanaan legislasi di DPR hendaknya tidak hanya tertumpu pada jumlah yang ditargetkan, karena itu DPR bersama Pemerintah perlu mengevaluasi bentuk prolegnas yang selama ini masih menitikberatkan kepada jumlah secara substansial,” tuturnya.

 

“Mulai RUU tidak harus mengatur secara komperehensif dari hulu dan hilir baik yang dilakukan secara parsial sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak memerlukan waktu yang panjang dan energi yang besar untuk menyelesaikannya,” lanjutnya.

 

Rapat paripurna diakhiri dengan memotong nasi tumpeng bersama jajaran wakil ketua, anggota serta para mantan petinggi DPR dan MPR sebelumnya.

 

Reporter: Indra Falmigo

Editor: HJA/KM

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed