by

SMKN 1 LUBUK SIKAPING BENTUK KARAKTER ANAK MELALUI PESANTREN RAMADHAN

Pasaman– Semarakkan bulan suci ramadhan 1442 H. SMKN 1 Lubuk Sikaping laksanakan kegiatan pesentren Ramadhan yakni dengan mengadakan lomba karakter bagi siswa-siswi di sekolah tersebut.

Lomba tersebut diikuti oleh 56 peserta dengan memperlombakan empat cabang yakni Tahfizdz Qur’an, Qasidah, Pidato dan Kaligrafi.

Dari masing-masing cabang yang akan diperlombakan akan diikuti oleh 14 peserta.

Kegiatan tersebut mengangkat tema” Ramadan Ceria, Raserpasi (Ramadhan satu menginspirasi).

Kepala SMK N 1 Lubuk Sikaping Muslim SPd MPd mengatakan kegiatan tersebut rutin dilaksanakan tiap tahunnya pada saat bulan puasa.

Tujuan kegitan tersebut kata dia, selain membentuk karakter para siswa juga mengembangkan bakat masing-masing siswa dibidang yang dimilikinya.

Di samping itu Muslim juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut ahlak para siswa akan semakin baik dan lebih mencintai Al-Qur’an sebagai kitab pedoman bagi ummat muslim.

Nantinya kata dia usai dilaksanakan lomba para siswa akan diberi penghargaan kepada juara l, ll dan lll seperti trophy dan penghargaan.

Muslim menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh kelas X dan dilaksanakan dengan mengedepankan prokes kesehatan yakni pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Kegiatan tersebut kata muslim dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Benny Utama melalui Asisten lll bidang perekonomian dan kesejahteraan Ir. Yuspi.

Muslim menambahkan selama bulan puasa ramadhan 1442 H beberapa kegiatan rutin para siswa dilaksanakan seperti shalat dhuha berjamaah setiap hari, tadarus al-qur’an, penyampaian materi oleh narasumber, hafalan serta setor ayat, kultum ataupun ceramah singkat dari para siswa/siswi menjelang waktu shalat zuhur serta shalat zuhur berjamaah.

Di samping itu para siswa/siswi juga diberi keterampilan ujian seperti ujian praktek shalat fardhu dan ujian praktek shalat jenazah. .

 

(Rz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed