by

Plh Bupati Rohul Tebar Benih Ikan Nilem Di Bendungan Desa Menaming

 ROKAN HULU-Dalam program Bulan Mutu Karantina 2021 dengan tema “Restocking Benih Ikan Nilem” Plh Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Abdul Haris, S Sos, M Si bersama Kepala Stasiun KIPM Pekanbaru Ade Syamsuddin melaksanakan tebar benih ikan atau biasa dikenal dengan sebutan restocking di Bendungan Desa Menaming Kecamatan Rambah, Senin (7/6/2021).

Kegiatan restocking ini, dihadiri  Plh Bupati  H Abdul Haris, S Sos, M Si, Kepala Stasiun KIPM Pekanbaru Ade Syamsuddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Barikun, SP, Kadis Pariwisata Syofwan, Camat Rambah Ari Gunadi,S STP, Pj Kades Menaming dan lainnya.

Adapun total jumlah ikan yang ditebar sebanyak 150 ribu ekor dengan jenis ikan nilem ukuran 2- 3 CM yang mana Karantina Ikan Dan Pengendalian Mutu (KIPM) Pekanbaru bekerjasama dengan BPAT Jambi serta berkolaborasi bersama Pemda Rohul melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Rohul.

Kepala KIPM Pekanbaru Ade Syamsuddin menyampaikan kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan tahunan yang mana kegiatan saat ini sudah merupakan kegiatan yang ke enam.

“Semoga kegiatan restocking ini dapat membantu melestarikan alam sekitar perairan sungai dan membantu perekonomian masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara itu Plh Bupati H Abdul Haris mengungkapkan rasa terima kasih atas adanya kegiatan Restocking yang dilaksanakan baik dari Dinas Perikanan Provinsi Riau maupun dari KIPM.

Dengan adanya kegiatan ini sangat berguna bagi masyarakat bisa menambah stok Ikan di bendungan Menaming dan desa yang mendapatkan bantuan ini.

Plh Bupati menghimbau kepada masyarakat kiranya ikan tersebut dapat dipelihara, supaya nanti bisa memberikan laporan kepada KIPM dan Dinas Perikanan Provinsi yang menunjukkan keberhasilan dalam memelihara ikan tersebut bahkan sampai besar dan layak untuk dipanen.

” Sehingga tujuan dalam rangka pembenihan bibit Ikan ini bisa memenuhi kebutuhan ikan di masyarakat,” katanya

“Ini merupakan tugas bersama seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikannya, sehingga keberadaan ikan di Bendungan Desa Menaming ini bisa dimanfaatkan hasilnya,” ujarnya

” Bahkan sebelum itu juga bisa dimanfaatkan untuk pariwisata dimana masyarakat nanti berkunjung melihat di sini ikan banyak bahkan diberi makan ikan nya muncul, sehingga menarik daya minat masyarakat lain untuk berkunjung,” ujar Haris.

Di tempat yang sama Kadis DKPP Rohul Barikun, SP mengatakan untu Restocking yang dilakukan dari Stasiun KIPM Pekanbaru ini di Rohul ada tiga titik yaitu Desa Menaming, Rokan IV Koto dan Bendungan Sipogas yang akan dilakukan secara serentak pada hari ini.

“Selain dari kegiatan ini, DKPP Rohul juga telah memberikan bantuan Benih ikan kepada 50 Kelompok di tahun 2021 ini dengan jumlah keseluruhan sekitar 250 ribu benih ikan yang telah didistribusikan,” tutup Barikun.

(Adv/pR)***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed