by

Bupati H Sukiman Bangga, Lomba Desa Pangan Aman Pemdes Bukit Intan Makmur Juara 2 Nasional

ROKAN HULU- Di awal menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) kepemimpinan H Sukiman – H Indra Gunawan mendapat Kado, terindah, karena kabupaten berjuluk Negeri Seribu Suluk ini, dianugerahi juara 2 Nasional Desa Pangan Aman.

Desa dari Kabupaten Rohul yang mewakili Desa di Provinsi Riau, yakni Desa Bukit Intan Makmur, Kecamatan Kunto Darussalam mengharumkan nama Kabupaten ini di kancah Nasional.

Piagam penghargaan langsung diterima Kepala Desa Bukit Intan Makmur, Nasta’in S Pdi, diserahkan langsung Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, di Hotel Sangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (22/6/2021).

Mendapat kabar gembira ini, Bupati Rohul H Sukiman Selasa (22/6/2021) mengaku bangga Desa Bukit Intan Makmur menjadi Desa Percontohan nasional Nomor 2 sebagai Desa Pangan Aman.

Menurut Bupati H Sukiman, bentuk keseriusan Pemkab menunjuk Desa Bukit Intan Makmur dalam lomba Pangan Aman ini telah dikeluarkan Surat Keputusan (SK), pasalnya dalam lomba ini yang menjadi aspek penilaian dari segi perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan keamanan pangan di desa Bukit Intan Makmur.

“Kami atas nama Pemkab Rohul merasa bangga dan mengapresiasi kepada Pemdes Bukit Intan Makmur, berkat konsistensi dan kegotongroyongan dalam menjaga Pangan Aman yang sehat bebas dari Formalin dan zat kimia lainnya, bisa meraih juara 2 Nasional lomba Desa Pangan Aman,” jelas H Sukiman

Bupati H Sukiman menjelaskan, hal tersebut untuk meningkatkan semangat dan memberikan apresiasi kepada perangkat desa dan komunitas keamanan pangan desa yang telah aktif dan konsisten dalam meningkatkan keamanan pangan di desa Bukit Intan Makmur.

“Kami dari Pemerintah daerah, berharap kepada  pemerintah desa dan para kader keamanan pangan desa beserta seluruh komunitas masyarakat di desa di Rohul, agar dapat mencontoh desa Bukit Intan Makmur dalam mengimplementasikan keamanan pangan,” ujar Sukiman.

Bupati H Sukiman mengapresiasi Desa Bukit Intan Makmur yang telah memiliki komitmen dan peran aktif dalam mewujudkan keamanan pangan dari desa bagi masyarakat desa sekaligus membentuk Desa Pangan Aman.

“Semoga Desa Bukit Intan Makmur dapat menjadi model dan berbagi pengalaman kepada desa lainnya dalam mengimplementasikan keamanan pangan desa di Rohul,” harapnya.

Sementara itu,  Kepala Desa Bukit Intan Makmur, Nasta’in S Pdi, dirinya  berkomitmen mewujudkan Desa Pangan Aman dibuktikan tiga tahun terakhir sejak menjabat sebagai Kepala Desa menganggar kegiatan Kelompok Keamanan Pangan Desa (KKBD) untuk menjaga Pangan dari zat-zat kimia yang berbahaya.

“Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan berkat kerjasama yang solid antara Pemkab, Pemdes dan Kelompok Keamanan Pangan Desa. Desa Bukit Intan Makmur bisa meraih hasil juara 2 Nasional Lomba Pangan Aman,” kata Nasta’in

Dia menjelaskan prediket juara 2 nasional ini  dipersembahkan kan sebagai kado untuk H Sukiman dan H Indra Gunawan diawal menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul.

Nasta’in juga menceritakan, sejak menjabat sebagai Kepala Desa tahun 2018 lalu, dirinya sudah berkomitmen untuk mewujudkan Desa Pangan Aman, terbukti sudah dilakukannya dengan menganggarkan Rp 10 juta bersumber dari Dana Desa untuk kegiatan tersebut.

“Sejak saya menjabat sebagai Kepala Desa, saya telah menganggarkan dari Dana Desa senilai Rp 10 Juta untuk keperluan KKPD guna keperluan kegiatan menjaga makanan dari zat Kimia,” jelasnya.

Nasta’in, berterima kasih kepada Kader yang telah bekerja keras dengan fokus tahap penilaian, Desa Bukit Intan Makmur bisa masuk meraih juara 2 Nasional. Karena dengan kerja Tim yang selektif dan Fokus kinerja dengan penuh kekompakan bersama Kader.

“Juara 1 Desa Pangan Aman Desa diraiah Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Juara 2 Desa Bukit Intan Makmur, Rokan Hulu, Riau dan Juara 3 Desa Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu,” pungkasnya mengakhiri

*(MC/Kominfo/)*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed