by

Pendampingan Babinsa Ceper Dalam Proses Tracking Dari Tim Kesehatan

KLaten – Untuk Mengantisipasi penyebaran Covid- 19 di wilayah binaan, salah satu Bintara Pembina desa (Babinsa) Koramil 23/Ceper Kodim 0723/Klaten Sertu Suhardo laksanakan pendampingan Tim kesehatan saat melaksanakan tracking kepada warga bertempat di Dukuh Doyorejo Rt 01/Rw 06 Desa Jambukulon Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten, Kamis (24/6/2021).

Dijelaskan Babinsa, pendampingan yang dilakukannya sebagai salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid- 19 di wilayah binaan dengan berskala mikro dan juga menindaklanjuti surat edaran Bupati Klaten terkait penerapan PPKM.

Kepala puskesmas Ceper Dr Ariani Mardiastuti menjelaskan tracing adalah serangkaian proses pemeriksaan yang dilakukan Tim kesehatan yang mempunyai fungsi diantaranya untuk mengidentifikasi riwayat aktivitas pasien yang terkonfirmasi, setelah didapatkan informasi mengenai waktu, tempat, dan orang, langkah selanjutnya yakni membagikan data tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan memberikan rekomendasi berupa isolasi diri terhadap orang-orang yang kemungkinan tertular Covid-19.

Lebih jauh dia mengatakan tracing mempunyai fungsi diantaranya mengidentifikasi aktivitas, memberikan informasi yang akurat dan memberikan rekomendasi untuk isolasi diri apabila terpapar,” jelasnya.

Sertu Suhardo sebagai Babinsa yang mendampingi tracing tersebut menjelaskan, tujuan Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan Petugas Kesehatan melakukan tracking ini adalah untuk mengecek apakah ada yang tertular Covid-19 dari anggota Keluarga yang kontak langsung dengan pasien terpapar Covid-19 tersebut , agar dapat dideteksi sejak dini.

“Kegiatan tracing ini sudah rutin kami laksanakan sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Sertu Suhardo.

(R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed