by

IPMA MINTA PEMERINTAH TURUN KE LOKASI PERANG SUKU DI YOHUKIMO

YOHUKIMO-Ikatan Mahasiswa Papua Bogor (IMPB)  mendesak Pemerintah Daerah Yahukimo segarah mengambil langkah serius untuk perdamaian kedua warga yang bertikai.

 

Ketua IMAPA Yunus Gobai memohon dan meminta kepada Pemda Yahukimo, dalam hal Bupati dan DPRD serta sekda untuk segera turun di lokasi kejadiannya dan menginvestasi kasus tersebut.

 

Jangan tinggal diam dan duduk hitung bulan untuk simpan uang Di ATM, sementara rakyat sangat membutuhkan pertolongannya.

 

Dalam komunikasi awak media dengan Ketua IMAPA mengatakan laporan, Ketua Jaringan Advokasi Penegakan Hukum dan HAM Pegunungan Tengah Papua, Theo Hesegem.

 

 

Perang-suku anatara suku besar Lokon Husage dan suku besar Siep Asso, kembali terjadi pada hari Sabtu tgl 9 September 2017.

 

Di daerah Luwuk dan Hunen, Distrik Mugi Kabupaten Yahukimo. Dampak dari peristiwa tersebut dari pihak Lokon-Husage menyerang Siep-Asso dan kemudian rumah-rumah milik suku Siep-Asso ada 11 kampung yang di bakar hangus termasuk rumah majelis gereja dan rumah-rumah guru. 3 kantor desa juga ikut di bakar, di antaranya 1.Wim Asili 2. Desa Kawagalo dan Desa Hesimo. Dan dua orang meninggal dunia akibat dari perang suku di antaranya:

 

1. Obet Wopi

 

2.Mukat Siep.

 

11 Kampung yang dibakar di antaranya.

 

1.Kampung Hunem 3 rumah

2.Kampung Amisagi 7 rumah,Kampung Hukimo 8 rumah.

3. Kammpung Wimasili 4 rumah.

4.Kampung Herelowa 3 rumah .

5. Kampung Parekama 5 rumh .

6. Kampung Helemagaima 5 rumah,Kampung Sisiapoloba 5 rumah.

7.Kampung Huguma 7 rumah.

8. Kampung Puekama 4 rumah.

 

Untuk sementara dari pihak Lokon dugaan sementara ada 4 orang Korban.

 

Sementara Pemerintah Kabupaten Yahukimo dinilai tidak proaktif  hingga sampai sekarang. Kemarin sekitar pukul 10:30 Kapolres Yahukimo dan Wakapolres tiba di TKP. Sampai saat ini  pihak gereja juga kurang proaktif di lapangan”

 

Hari ini Ketua Jaringan Advokasi Hukum dan HAM Theo Hesegem bersama  anggota polres Kabupaten Yahukimo akan melanjutkan perjalanan ke Husagama. (David S/obor keadilan/obor panjaitan)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed