by

DANA BIMTEK KADES SE PALAS LAYAK DIPERTANYAKAN, DIDUGA MENGALIR KE OKNUM KADIS 

 

PADANG LAWAS-Program Bimbingan Teknis (Bimtek), selama ini mendapat pandangan positif, karena diyakini murni untuk meningkatkan ilmu pengetahuan pesertanya.

 

Tapi tidaklah semua kegiatan bimtek berjalan mulus dan mendapatkan pandangan positif, di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumut para Kepala Desa (Kades) sebanyak 297 orang baru-baru ini mengikuti kegiatan tersebut ke Parapat- Danau Toba dengan biaya Rp4,5 juta setiap peserta yang dibebankan kepada setia peserta bimtek tersebut (Para Kades-red)

 

Anggaran Bimtek Kades se-Palas itu layak dipertanyakan, karena diduga mengalir ke oknum Kepala Dinas (Kadis) terkait sebesar Rp 600ribu setiap peserta yang berjumlah 297orang.

 

Dugaan aliran dana bimtek ke oknum kadis terkuak berdasarkan informasi atau keterangan yang diperoleh wartawan dari seorang Kades yang juga pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Palas berinisial, R melalui telepon seluler pada Selasa Tanggal 12 September 2017.

 

Dalam percakapan seluler itu wartawan bertanya kepada R tentang bimtek kepala desa yang ke Parapat.

 

R menyebutkan, semua Kadis yang mengelola itu “Kalau awal depannya kita termasuk membawa semua permohonan bimtek. ‘Aliran dana’, saya berikan Rp 600 ribu per peserta ke Kadis buat dia saja itu, dia bilang butuh dana buat biaya Pilkada tahun 2018,” katanya

 

“Yang belakangan di  Medan itupun kalau saya tidak salah Rp 1,5 juta per peserta ke dia, dia yang ceritakan sama saya makanya perlu dek kalian pertanyakan itu, apakah dana kepala desa ini diperuntukkan buat dana Pilkada?.’ sebut R dengan mengunakan bahasa daerah setempat.

 

Terkait dugaan aliran dana tersebut Kadis  Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan  Desa (PMPD)  Palas, Hamzah Nasution, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pada Rabu (13/9).

 

Hamzah, menyebutkan bahwa tidak ada aliran dana kepadanya.

 

“Tidak ada itu, perlu kalian tanyak dulu ke dia (sumber R) dimana dia berikan sama saya?, kata Hamzah Nasution.  (Iwan Lubis)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed