by

Karena Alasan Situasional Pilkades Serentak Di Kabupaten Tangerang Kembali Ditunda

TANGERANG, detikperistiwa.com Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang sebelumnya akan digelar pada 8 Agustus 2021, resmi ditunda dengan alasan situasional sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Kepastian penundaan pelaksanaan Pilkades tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, setelah melakukan rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang di Pendopo Bupati, Jl Kisamaun No 01 Tangerang, Sabtu (31/7/2021).

Zaki mengatakan, atas dasar Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 114/3417/BPD dalam hal penundaan pelaksanaan Pilkades Serentak dan Penggantian Antar Waktu pada masa perpanjangan penerapan PPKM level 4, level 3, level 2 dan level 1 dalam situasi penanganan protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian pandemi Covid-19 tidak dapat dikendalikan, pelaksanaan Pilkades Serentak dapat ditunda sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 44F Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 pengganti atas Peraturan Menteri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

“Dengan adanya Inmendagri No. 114/3417/BPD tentang penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan Pergantian antar waktu, kami ikut memutuskan pelaksanaan Pilkades sampai ada kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Pusat ,” ucap A. Zaki Iskandar dikutip dari siaran persnya.


Lebih lanjut, Bupati Zaki berharap kepada seluruh stakholder untuk mentaati dan mensosialisakan kebijakan tersebut, mengingat saat ini, Kabupaten Tangerang sendiri masih memberlakukan PPKM level 4.

“Demikian keterangan saya atas nama Pemerintah dan Forkopimda Kabupaten Tangerang, sekali lagi mohon untuk segera disosialisasikan dan ditaati,” tutupnya mengakhiri.

Dalam Rapat Koordinasi Forkopimda tersebut, turut dihadiri pula Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli, Ketua DPRD Kabuaten Tangerang H. Kholid Ismail, Kejari Kabupaten Tangerang Bahrudin, Dandim 05/10 Tigaraksa Letkol. Infanteri. Bangun Siregar, Kapolresta Tangerang Kombe Pol Wahyu Sri Bintoro, perawakilan Polres Metro Kota Tangerang, perwakilan Polers Metro Tangerang Selatan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang serta perwakilan Kepala OPD dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

(Ikmal)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed