DENPOM TERNATE TERTIBKAN PENYALAHGUNAAN ATRIBUT TNI

 

 

 

TERNATE-Untuk menegakan ketertiban dan disiplin para anggota TNI, Detasemen Polisi Militer XVI/1 Ternate melaksanakan Operasi penegakan ketertiban (opsgaktib) dalam rangka pekan disiplin “Waspada Wira Parang” melalui Patroli kombinasi menyusuri wilayah Kota Ternate, Selasa (19/9)

 

Operasi yang dipimpin  Pasi Hartib Kapten Cpm Ibrahim Rahman Putra dengan menggunakan 1 unit kendaraan patroli jenis Suzuki OZ melintasi area Selatan Kota Ternate dan berhasil mengamankan sejumlah atribut TNI yang tidak sesuai peruntukan penggunaannya.

 

Kapten Ibrahim mengatakan pihaknya telah mengamankan beberapa atribut seperti seragam, stiker-stiker TNI yang digunakan  masyarakat biasa.

 

“Selain mengamankan atribut tersebut, kami juga  memberikan edukasi (pelajaran) terhadap masyarakat tentang ketentuan dan larangan penggunaan seragam dan atribut Militer,” paparnya.

 

Sementara itu secara terpisah Dandenpom XVI/1 Ternate Letkol Cpm Ali Mustofa menjelaskan kegiatan patroli ini merupakan bentuk penegakkan kedisiplinan dilakukan jajaran Denpom Ternate sekaligus juga patroli keamanan.

 

” Terkait dengan penggunaan atribut militer ketentuannya sudah jelas sesuai Undang-Undang, hal tersebut juga ditujukan untuk melindungi masyarakat dari hukum perang apabila sewaktu-waktu kita menghadapi perang,” sebutnya.

 

“Bisa saja masyarakat sipil menjadi korban salah sasaran dan dianggap menjadi bagian dari Kombatan atau pihak yang diperbolehkan diserang dalam hukum perang karena menggunakan atribut militer,” jelas Dandenpom. (Arief Muluk)

 

No Response

Leave a reply "DENPOM TERNATE TERTIBKAN PENYALAHGUNAAN ATRIBUT TNI"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.