by

Tes Psikologi Digelar Polres Paling Utara NKRI

Talaud- Sejumlah personel Polres Kepulauan Talaud baik perwira maupun bintara ikuti tes psikologi sebagai syarat kelayakan untuk penggunaan senjata api (senpi) organik Polri di aula Mapolres Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (14/10/2021).

Tes psikologi tersebut dilaksanakan Polres di wilayah terutara NKRI ini bekerja sama dengan tim dari Biro SDM Polda Sulut.

Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Dasveri Abdi, S.I.K melalui Wakapolres Kompol Demetrius Lariwu didampingi Kabag Sumda Kompol Umar Haras saat membuka kegiatan mengatakan Test psikologi wajib bagi calon mau pun yang telah memegang senjata api.

” Giat ini dilakukan untuk mengetahui kondisi Psikologis yang mengikuti tes psikologi dan yang akan diberikan ijin pinjam pakai Senpi,” kata Wakapolres Lariwu.

Selain itu, mengetahui permasalahan atau aspek di luar diri dari personel yang mengalami permasalahan, tentang kebiasaan dan permasalahan eksternal lainnya serta konseling bagi personil.

“Tes psikologi wajib dilaksanakan sebagai persyaratan personel Polri dalam penggunaan senjata api dinas,” ucapnya.

Wakapolres Lariwu juga menjelaskan, hasil tes akan menentukan apakah personel tersebut layak sebagai pemegang senpi atau tidak. Jadi tidak sembarangan memegang senpi, ada tahapan tahapan yang harus diuji hingga memenuhi syarat.

” Test dilaksanakan kurang lebih 4 jam, dan berharap seluruh peserta dapat mengikuti test, mengerjakan soal yang diberikan tim dengan maksimal,” harapnya.

Di tempat sama, Kabag Sumda menambahkan test dilakukan tak hanya bagi pemegang senpi dinas, tetapi juga diperuntukkan bagi calon pemegang senpi. Diingatkan bagi pemegang senpi yang tidak hadir pada giat hari ini agar senpinya ditarik dan digudangkan.

” Test psikologi wajib atau menjadi keharusan. Hari ini merupakan test pertama. Yang ikut sampai saat ini untuk perwira sebanyak 8 orang sedangkan untuk bintara sebanyak 12 orang. Tapi ini belum semuanya, kami masih menunggu personil lain dari Polsek Polsek yang jauh untuk ikut, ” tambah Kabag Sumda

Adapun Tim dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulut yang datang melaksanakan sebanyak 4 orang dengan Ketua Tim Ipda Arman Kondag yang juga menjabat Paur Siperrosdm Polda Sulut.

” selain test psikologi pemegang senpi, timnya juga melaksanakan konseling bagi personil Polri yang bermasalah dan mensosialisikan tentang pengisian aplikasi e – Mental yang digunakan sebagai syarat dari 13 komponen,” pungkas Kondag.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed