by

Personil Satnarkoba Polres Rohul Jadi Pemateri Penyuluhan Bahaya Narkoba Di MTsN 2 

ROKAN HULU — Untuk membantu program Pemerintah di bidang penanggulangan penyalahgunaan Narkotika, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Nasional Anti Narkotika (GranatA) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berkolaborasi dengan Bank Sarimadu menyelenggarakan penyuluhan Bahaya Narkoba.

Giat tersebut di Aula Madrasyah Tsanawiyah Negri (MTsN) 2 Rohul, Kecamatan Ujungbatu Timur, Sabtu (16/10/2021), dengan menghadirkan pemateri dari Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Rohul.

Giat dihadiri, Kepala Madrasyah (Kamad) Mazwir Spd, Ketua DPC GRANAT Rohul M. Zamri S Pd dan jajaran, Pimpinan Cabang (Pincab) Bank Sarimadu Ujungbatu Firdaus SE,  Kabag Umum  Pusat Bank Sarimadu Afrizal beserta Tim,  Kanit II Sat Narkoba Polres Rohul IPDA Wiji Sunardi SH dindampingi Bripka Hendri Rikardo.

Kemudian, mewakili Kemenag Rohul Kasi Pendisikan Islam Haji Rusli S Ag MSy, Staf Disdikpora Rohul Riapdi Sumadi, Staf Camat Ujungbatu Romi Gustian  SH SE, Mewakili Puskesmas Ujungbatu Siphaldi, para Pelajar yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Madrasyah (OSIM) dan lainnya

Dalam kesempatan itu, Ketua Kamad Mazwir menuturkan, pihaknya menyambut baik serta mendukung kegiatan penyuluhan bahaya Narkoba di sekolahnya.

Dia berharap kegiatan semacam ini terus ber kelanjutan, agar anak didik terbentengi dari peredaran Narkoba.

Kemudian, Ketua DPC Granat Rohul Zamri, mengungkapan terima kasih kepada Direksi Bank Sarimadu yang telah sudi berkolaborasi dengan pihaknya.

“Sehingga beban berat.yang seharusnya ia pikul bisa terasa lebih ringan,” tuturnya.

Lanjut Zamri, dirinya sangat apresiasi kepada Kamad MTsN 2 Rohul, juga seluruh perwakilan Instansi terkait yang sudi hadir sesuai undangan, sehingga kegiatan penyuluhan perdana ini dapat terlaksana sesuai jadwal.

” Apalagi agenda ini sejak setahun lalu terkendala akibat pandemi, baru hari terlaksana,” sebutnya.

“Alhamdulillah hari ini sudah terlaksana dengan cukup baik, untuk kelanjutan kegiatan sudah kami agendakan di SMP Negri 1 Ujungbatu pekan depan,” paparnya bangga.

Di tempat yang sama, Kemenag Rohul Kasi Haji Rusli, pihaknya sangat apresiasi munculnya inovasi DPC Granat dan Bank Sarimadu.

Dia berharap, tidak hanya MTsN yang dikunjungi Granat Rohul, melainkan Madrsyah Swasta lainnya juga minta diperlakukan  sama. “Supaya tidak ada kesan Anak Tiri Anak Kandung,” pintanya.

Selanjutnya perwakilan Disdikpora Rohul berujar, kenapa pihaknya dilibatkan dalam hal ini, sementara Madrasyah dibawah asuhan Kemenag, hal ini bwrkaitan dengan tanggung jawab terhadap anak didik tidak terpisahkan antara kedua dinas, kami sangat apresiasi.

“Apalagi keterlibatan Bank Sarimadu dengan program Menabung bagi Siswa/i, cukup luar biasa terobosan ini,” ungkapnya.

Seterusnya, Kasat Narkoba AKP Masjang Effendi melalui Kanit II Sat Narkoba  IPDA Wiji di dampingi Bripka Hendri bertindak sebagai Pemateri, dengan perangkat yang sudah disiapkan sebelumya.

Dia menjelaskan riwayat Narkoba lewat Alat Fokus yang disediakan Bank Sarimadu, sehingga satu persatu dijelaskan, baik undang-undang Narkotika hingga pasal pidananya, diuraikan sampai tuntas.

Pincab Sarimadu Ujungbatu Firdaus merinci, pihaknya sejak akhir tahun 2019 sudah menerima tugas dari Otorita Jasa Keuangan (OJK) untuk mengunjungi minimal sepuluh sekolah di Rohul guna menjalankan program  Siswa Menabung sejak dini.

“Namun terhalang dengan situasi pandemi Covid 19, juga DPC Granat Rohul sudah setahun lalu menyampaikan programnya kepada kami, sehingga kami  telah sepakat berkolaborasi bila sudah memungkinkan, Alhamdulillah hari ini kita mulai laksanakan,” terangnya.

Terakhir perwakilan Camat Ujungbatu, Romi, atas nama pemerintah kecamatan sangat apresiasi ditajanya giat penyuluhan ini.

Pihaknya akan berupaya mengajak semua pihak untuk terus bersama- sama meminimalisir penyalahgunaan Narkotika, khususnya di Kecamatan Ujungbatu sekitarnya.

Kegiatan dilaksanakan sesuai Prokes serta dalam situasi aman dan terkendali.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed