by

PJB Raih Top CSV Award 2021

  JAKARTA-PT PJB kembali di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) meraih penghargaan Top CSV Award 2021 melalui Program CSV belum lama ini. Yakni Co-Firing penerapan green energy pada PLTU dengan memanfaatkan biomassa sebagai substitusi (campuran bahan bakar), dengan melibatkan UKM sebagai penyedia biomassa.

Penghargaan ini digelar oleh media infofrand.id yang bekerja sama dengan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga (Unair).

Konsep tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR di masa kini mulai dikembangkan menjadi Creating Shared Values (CSV). Konsep ini diartikan sebagai CSR berkelanjutan dari perusahaan yang tidak hanya berfokus pada dampak sosial, tapi juga berdampak bagi perusahaan sehingga terjadi mutualisme.

Di Indonesia sendiri, konsep CSV diterapkan sebagai keunggulan kompetitif dengan cara memasukkan masalah sosial sebagai bahan dalam merancang strategi perusahaan. Sebab melalui CSV perusahaan memainkan peran ganda menciptakan nilai sosial dan ekonomi secara bersama-sama, untuk memberikan solusi terhadap persoalan sosial, lingkungan dan perusahaan.

Direktur Utama PT PJB, Gong Matua Hasibuan menyampaikan, sesuai komitmen PJB untuk bertumbuh dan berkembang bersama sosial dan masyarakat, PJB akan terus melibatkan, membina, dan memberikan dampak nilai positif bagi masyarakat di seluruh wilayah kerjanya, utamanya mendukung program transformasi PLN Green demi mewujudkan Indonesia yang lebih hijau.

“Program Cofiring PLTU Batubara dengan biomassa, salah satu dari Program PLN “Green Booster” untuk mendukung target bauran energi EBT nasional. Melalui Co- Firing yang sudah diterapkan di 13 PLTU, PJB sudah ikut andil dan berkontribusi dalam solusi perubahan iklim global pada UNFCCC dengan pengurangan emisi GRK 29% di tahun 2030. Potensi Biomassa yang besar di Indonesia, dimanfaatkan PJB dan digunakan sebagai bahan bakar carbon netral dan dapat menjadi bahan bakar alternatif batubara,” kata Gong.

TOP CSV Award 2021 adalah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan yang berhasil menjalankan program “creating shared value” berdasarkan 3 aspek pengukuran, yaitu CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect, dan CSV Branding Aspect. Penghargaan ini untuk meningkatkan citra, reputasi dan kepercayaan terhadap brand atau perusahaan di mata publik.

(nugi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed