by

Jaga Dan Lestarikan Lingkungan, Koramil Kapas Bojonegoro Tanam 1000 Pohon Penghijauan

BOJONEGORO, –     Sebagai upaya untuk memelihara lingkungan agar tetap hijau, jajaran TNI Koramil 02/Kapas, Kodim 0813 Bojonegoro bersama Perhutani KPH Padangan, bersinergi melaksanakan penanaman 1.000 pohon penghijauan jenis trembesi dan mahoni diseputaran jalan poros desa, tanggul sungai pacal serta area lapangan Desa Semenpinggir, Kecamatan Kapas, Jum’at (26/11/2021).

Kegiatan penanaman pohon penghijauan dengan tema ‘Bersinergi Dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan’ tersebut diikuti puluhan masyarakat dari berbagai elemen mulai dari TNI-Polri, Kepala Desa beserta perangkat desa, masyarakat, Mahasiswa serta para pelajar.

Pada kesempatan ini Danramil 0813-02/Kapas Kapten Kav Totok Taat Ujianto, selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa penghijauan tersebut sebagai sarana untuk menjaga dan melestarikan lingkungan agar menjadi lebih asri dan sehat tanpa pencemaran. Penghijauan ini dapat mengurangi polusi yang diserap oleh daun-daun pepohonan yang hijau.

“Polusi yang utamanya disebabkan oleh karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor, bisa diubah oleh pohon menjadi oksigen yang dibutuhkan manusia. Penghijauan ini juga bisa meminimalisir serta mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya pohon-pohon yang besar air hujan akan diserap oleh akar pohon tersebut. Dan air hujan ini dapat diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia serta makhluk lainnya.

“Di samping untuk pelestarian lingkungan, penanaman pohon penghijauan dilakukan juga sebagai upaya memaksimalkan atau meningkatkan efektivitas fungsi lahan dengan baik dan optimal dalam melindungi lingkungan,” pungkas Kapten Kav Totok Taat Ujianto.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed