by

Tingkatkan Kemampuan Siswa Diktukba TNI AL Angkatan LII TA 2021 Pusdikbanmin Kodiklat TNI AL Lattek VBSS

Surabaya, Detik peristiwa.com
Sejumlah 144 orang siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan Ke-52 TA 2021 yang saat ini sedang menempuh pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengikuti Latihan Praktek (Lattek) Visit Board Search and Seizure (VBSS) di Pusat Penyelamatan Kapal, Nuklir dan Biokimia (Puspeknubika), Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Senin, (29/11/2021).

Kegiatan Lattek yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dibuka oleh Komandan Pusdikbanmin Kodikdukum Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga, S.T., S.E., M.MT., M.Tr Opsla selaku Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Siswa Diktukba TNI AL Angkatan Ke-52. Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Sekolah Bintara Pusdikbanmin selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek, Komandan Sekolah Perwira dan Komandan Sekolah Tamtama Pusdikbanmin.

Disela-sela Pembukaan Lattek Komandan Pusdikbanmin Kodikdukum Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga, S.T., S.E., M.MT., M.Tr Opsla menyampaikan adapun tujuan dari Lattek ini adalah untuk membekali para siswa tentang VBSS agar memiliki keterampilan tentang konsep aksi dan penggunaan kekuatan VBSS, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI/TNI Angkatan Laut.

Dengan sasaran lattek yaitu siswa mampu menjelaskan pembuatan rencana konsep aksi VBSS, menjelaskan prosedur penggunaan kekuatan, serta menjelaskan aplikasi small boat interception dengan baik dan benar.

Menurutnya berbagai materi Lattek VBSS diberikan berkaitan dengan pembuatan rencana konsep aksi VBSS, prosedur penggunaan kekuatan, dan aplikasi small boat interception. Selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan implementasi VBSS dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya.

Mengingat saat ini masih pandemi Covid 19, Danpusdikbanmin menekankan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal harus tetap terlaksana dengan baik agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa bisa optimal, oleh sebab itu protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya Covid-19 harus ditaati dengan disiplin yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung dan juga pada setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghidari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Virus Covid-19.

(GT)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed