by

BPJS KETENAGAKERJAAAN, IMBAU PERUSAHAAN DI ROHUL DAFTARKAN PEKERJANYA

img_20160909_110552ROKAN HULU detikperistiwa.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), imbau perusahaan beroperasi baik pekerja tetap, Buruh Harian Lepas (BHL), termasuk pekerjaan di berbagai proyek dan lainnya untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta sebagai perlindungan para pekerja tersebut.

‪Imbau ini berdasarkan dalam UU Tenaga Kerja Nomor 13 tahun 2003 UU RI Nomor 40 TAHUN 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, UU RI Nmor 24 TAHUN 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, menurut PP Nomor 86 Tahun 2016 dan peraturan lainnya dan ada tiga poin dilayani Penerima Upah (PU) , Bukan Penerima Upah (BPU) dan Pekerjaan Kuntruksi (PK).

“Kami terus imbau kepada seluruh badan usaha dan pemberi kerja untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaaan, sehingga para pekerja mereka terlindungi sesuai yang sudah diatur dalam Undang-undang dan Peraturan (PP) lainnya,” kata Kepala BPJS Ketenaga kerjaaan Rohul, Sawir Achmadi saat ditemui di kantornya Sabtu (10/9).

Sawir Achmadi menilai, ada puluhan ribu tenaga kerja di berbagai bidangnya di Rohul, masih belum didaftarkan perusahaan sebagai peserta BPJS tenaga kerja, akibatnya haknya pekerja yang sudah diatur dalam UU terabaiakan.

Diharap perusahaan untuk proaktif mendaftarkan pekerjanya. “Terdaftarnya para pekerja setiap pemberi kerja selain akan mengurangi beban dan membantu pemerintah daerah, pekerja juga terjamin mereka dari jaminan Kecelakaan Kerja dan lainnya,” harapnya.

‪Dijelaskan kini pihaknya terus mendata seluruh perusahaan beroperasi di Rohul, guna memastikan apakah seluruh badan usaha tersebut memberikan asuransi kesehatan kepada para pekerjanya.

‪Kepala BPJS Ketenaga kerjaaan Rohul menguraikan telah banyak membantu Pekerja di Rohul tentang haknya. Hingga 9 Agustus 2016, sudah terdaftar perusahaan 127, Tenaga Kerjaan 1300, target 7500 sampai Bulan Desember 2016 mendatang.

Klim sampai kini sebanyak 746 orang dengan Rp 4. 475. 310. 000. “Kami juga meningkatkan kerja sama dengan semua pihak dalam pendataan ini seperti Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan juga Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disostransnaker),” pungkasnya. (Endar. R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed