by

Dukung Ketersediaan Listrik di NTB, PT PJB Resmi Operasikan PLTU Sambelia

SURABAYA – PT PJB kembali mendapatkan kepercayaan dalam mengelola Unit Pembangkit (UP) setelah pada Senin (29/11), bertempat di kantor pusat PT PJB, dilaksanakan penandatanganan kontrak jasa O&M (Operation and Maintenance) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sambelia.

PLTU berkapasitas 2×50 MW yang terletak di Desa Sambelia, Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara barat ini merupakan PLTU ke-20 milik PT PLN (Persero) yang diserahkan kepada PT PJB untuk dikelola operasi dan pemeliharannya.

Dengan resminya pengelolaan PLTU ini, PJB siap mendukung sistem kelistrikan di NTB.

Penandatangan kontrak jasa ini dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama PT PJB, Gong Matua Hasibuan, dengan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat, Lasiran yang disaksikan oleh jajaran direksi PT PJB, PT PJBS, serta Senior Manager Pembangkitan UIW NTB, Edyson Rajaguguk.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT PJB menyampaikan, merupakan sebuah kepercayaan yang luar biasa telah diberikan kepada PJB untuk mengelola PLTU Sambelia ini.

“Kami berkomitmen memberikan yang terbaik untuk mendukung penyediaan listrik yang handal di NTB,” ujar Gong Matua Hasibuan.

Penandatanganan kontrak jasa O&M Tahap Supporting PLTU Sambelia (2×50 MW) dilaksanakan guna mendukung Program Percepatan Pembangunan Pembangkit Tahap 2 (FTP-2) yang ditetapkan sesuai dengan RUPTL 2019-2028. PLTU Sambelia ini adalah salah satu proyek pembangkit strategis dimana akan dijadwalkan beroperasi secara komersil pada Tahun 2022.

General Manager PT PLN UIW NTB, Lasiran turut serta mengungkapkan alasannya mempercayakan salah satu unit pembangkitnya untuk dapat dikelola oleh PJB. Menurutnya, PJB memiliki kompetensi mumpuni yang dapat meningkatkan efisiensi unit pembangkit yang dikelolanya.

“Setelah melihat kinerja unit pembangkit di Sumatera yang dikelola PJB (PLTU Tenayan) dapat menjadi lebih baik, kami semakin yakin untuk mempercayakan pengelolaan PLTU Sambelia ini kepada PJB. Kami berharap kawan-kawan PJB bisa memberikan yang terbaik sehingga operasinya bisa bagus, biaya pemeliharaan rendah, sehingga menjadi andalan kami dalam menerangi negeri,” ungkap Lasiran.

PLTU Sambelia ini akan menjadi salah satu unit pembangkit andalan yang akan memengaruhi pasokan listrik di sekitar Pulau Lombok.

Beroperasinya PLTU ini akan menaikan perekonomian sekitarnya serta mendukung sektor pariwisata, salah satunya memasok listrik ke Sirkuit Mandalika yang dijadwalkan pada tahun depan akan menggelar helatan internasional, Moto GP.

Oleh karena itu, pasokan listrik yang berkualitas menjadi poin penting suksesnya berbagai acara besar di Pulau Lombok.

Keberadaan PLTU Sambelia ini sangat penting di tengah kelistrikan di NTB yang masih mengandalkan pada bahan bakar minyak. Hadirnya PLTU ini akan membantu keandalan sistem kelistrikan di NTB dan dapat menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik di sana.

(nugi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed