by

PIHAK DINAS TPH SALURKAN 30 UNIT ALSINTAN KE KOPTAN

ROKAN HULU detikperistiwa.com – Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyebutkan, pemerintah terus berupaya untuk menerapkan penggunaan teknologi atau alat mesin pertanian (Alsintan) dalam meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Setiap tahun, Kabupaten Rohul mendapatkan bantuan Alsintan baik dari Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk disalurkan secara hibah kepada kelompok tani (Koptan). Untuk tahun ini, Dinas TPH Rohul mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia berupa 30 unit Alsintan berupa Power Threser multi guna yang disalurkan ke 11 kecamatan,” kata, Kepala DTPH Rohul, Mubrizal, Ahad (11/9/2016).

Alsintan yang diberikan secara hibah itu, Kamis, (8/9/2016) diserahkan secara simbolis kepada perwakilan koptan di Kecamatan Tambusai Kabupaten Rohul, langsung diberikan Kepala Dinas TPH Rohul.

“Alsintan bantuan dari Kementerian Pertanian RI dari APBN tahun 2016, secara simbolis sudah kita serahkan kepada Koptan di 11 kecamatan. Penggunaaan alsintan ini, untuk meningkatkan produksi padi, jagung, kedele. Bantuan ini sistem hibah, kalau terjadi kerusakan, dibebankan kepada kelompok tani,” ungkap Mubrizal.

Katanya, 30 Alsintan jenis Power Threser disalurkan ke Kelompok tani yang tersebar di 11 kecamatan yakni Kecamatan Rambah sebanyak 6 unit, Rambah Samo 3 unit, Tambusai 4 unit, Tambusai Utara 1 unit, Kepenuhan 2 unit, Kepenuhan Hulu 2 Unit, Rambah Hilir 4 unit. Kemudian Kecamatan Bangun Purba sebanyak 2 unit, Kecamatan Bonai Darussalam 2 unit dan Kecamatan Kunto Darussalam 1 unit.

Jelas, Mubrizal, alat power threser multi ini digunakan untuk memipil jagung, perontok padi dan perontok kedele. “Jadi Alsintan Power Threser ini multi fungsi. Kita harapkan bantuan Alsintan dapat dirawat dan dipeliharan dengan baik. Dengan harapan, dengan adanya bantuan Alsintan itu menambah semangat bagi petani untuk meningkatkan produksi hasil pertaniannya,” sebutnya.

Diakuinya, alat Power threser dapat menekan tingkat kehilangan hasil produksi dalam menangani paska panen. Dengan sendirinya, bisa meningkat produksi dari hasil pertanian para petani di 11 kecamatan. Sehingga berdampak positif peningkatan prekonomian dan kesejahteraan petani Rohul kedepannya.

Bantuan Alsintan tersebut, tidak lain dalam rangka mendukung program nasional upaya khusus peningkatan produksi Padi, Jagung dan kedele (Pajale). ” Kini, petani di Rohul masih kekurangan hand traktor, power threser. Pemerintah daerah akan berupaya memperjuangkan ke Pusat, untuk menutupi kekurangan Alsintan bagi petani Rohul,” tutupnya. adv/humas (Endar. R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed