by

Dankodiklat TNI AL dan Pejabat Utama Ikuti Acara Navy Years End Show 2021 Secara Virtual

Surabaya, Detik peristiwa.com-Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan pejabat utama Kodiklatal mengikuti acara Navy Years End Show 2021 yang dipimpin Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Dalam Acara Navy Years End Show 2021 ini Kasal dan pejabat Utama Mabesal di Auditorium Denma Mabesal Jakarta sedangkan Dankodiklatal dan pejabat Utama berada di Ruang Joglo Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (2/12/2021).

Adapun Tema yang diambil dalam acara tersebut adalah melalui kegiatan Navy Years End Show 2021 (Apresiasi Tradisi TNI Angkatan Laut, Refleksi Ideologi Pancasila dan Pemutaran Film Impian Anak Bahari) Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) siap membina mental Prajurit TNI Angkatan Laut.

Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan Doa, Sambutan Kasal, apresiasi lomba tradisi TNI Angkatan Laut, pengumuman pemenang Refleksi Ideologi Pancasila yang terdiri tiga kategori dan satu partisipan terbanyak. Untuk tiga kategori antara lain kategori Edukasi terbaik, kategori Inspirasi terbaik, kategori Sinematografi terbaik dan Kotama partisipan terbanyak diteruskan pemutaran pemenang film impian anak bahari dan diakhiri penutup.

Dalam pelaksanaan acara Navy Years End Show 2021 ini Kodiklatal berhasil meraih juara II Kategori Edukasi terbaik yang berisi tradisi TNI AL meliputi Pukul Lonceng, Tiup Peluit dan penurunan bendera, untuk selengkapnya juara I diraih Koarmada II, Juara II Kodiklatal dan juara III Mabesal.

Kasal Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kemajuan teknologi dan informasi yang sangat cepat saat ini berpengaruh terhadap kehidupan manusia khususnya prajurit TNI AL dalam berbangsa dan bernegara. Apabila tidak disikapi dengan baik maka akan berpengaruh terhadap ideologi Pancasila yang sebelumnya telah terpatri dalam dada setiap prajurit serta melunturkan budaya dan tradisi luhur yang telah diwariskan para pendahulu kita.

Oleh sebab itu upaya pembinaan mental ideologi dan tradisi harus dilaksanakan secara terprogram dan secara berkelanjutan dengan cara yang kreartif, inovatif seperti yang dilaksanakan saat ini. Hal ini dilakukan agar personel TNI AL tidak mudah tergerus dengan kemajuan zaman dan pengaruh buruk globalisasi serta untuk menangkal pengaruh negatif yang berpotensi merusak mental prajurit.

Kasal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Disbintalal yang telah menyelenggarakan tiga bidang perlombaan dalam membawa mental idiologi serta tradisi kejuangan, kegiatan lomba ini tidak hanya menyasar prajurit TNI AL akan tetapi juga para remaja sebagai penerus generasi bangsa.

(GT)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed