by

Cek Legalitas Satpam, Dirbinmas Gelar Supervisi Dan Asistensi Di PT Nikomas Cikande

Serang – Dirbinmas Polda Banten AKBP Sofwan Hermanto didampingi Kasubdit Binsatpam/Polsus AKBP Tri Laksono berkunjung ke PT Nikomas Cikande Kabupaten Serang dalam rangka supervisi dan asistensi terkait legalitas Satpam yang berada di perusahaan tersebut pada Kamis (2/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Manager PT. Nikomas Mr. Ryanchen, Humas PT. Nikomas Bapak Supandi serta Koordinator Security PT Nikomas Bapak Dede Waryoman.

Sofwan menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungannya yaitu untuk mengecek legalitas Satpam yang bertugas di PT Nikomas, karena salah satu tugas Ditbinmas yaitu mengecek perusahaan mana yang masih memperkerjakan Satpam ilegal di daerah hukum Polda Banten. “Terimakasih banyak atas sambutan bapak-bapak sekalian, maksud dan tujuan kami berkunjung yang pertama menjalin silaturahmi antara Polri dengan perusahaan yang ada di daerah hukum Polda Banten, kemudian kami ingin mengecek legalitas Satpam yang berada di PT Nikomas ini, sudah atau belum memiliki kelengkapan identitas Satpamnya,” ujar Sofwan.

Dikatakannya, para Satpam harus mengikuti diklat, karena dengan pelatihan tersebut Satpam sudah teruji baik secara kelembagaan maupun secara hukum, jadi tidak ada keraguan lagi dalam pelaksanaan tugas di lapangan. “Satpam wajib melaksanakan pendidikan dan pelatihan sebelum terjun dalam tugas, karena dengan hal tersebut petugas telah dibekali tata cara pelaksanaan pengamanan dengan baik dan benar,” imbuh Sofwan.

Dari hasil supervisi dan asistensi, untuk PT Nikomas memiliki jumlah Saptam sebanyak 513 dan seluruhnya sudah dilengkapi identitas resmi. Namun, masih banyak ditemukan Satpam yang tidak menerapkan standar operasional prosedur (SOP) pengamanan dengan benar. Dari hasil supervisi, contoh dalam hal SOP pengamanan, masih banyak Satpam yang tidak mengecek kendaraan yang keluar masuk, tidak memberikan senyum sapa dan salam bahkan penghormatan kepada siapa saja yang berlalu lalang di perusahaan. Tentu ini menjadi atensi kepada PT Nikomas, karena Ditbinmas mempunyai tanggung jawab dalam hal pembinaan terhadap Satpam.

“Saya harap, terutama koordinator Security PT Nikomas untuk open terhadap petugas Satpam yang bertugas, terapkan SOP pengamanan dengan baik dan benar, tidak ada kata malas-malasan terlebih tanggung jawab Satpam di lingkungan kerjanya sangat besar,” ungkap Sofwan.

(Bidhumas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed