by

Mantap..! Bupati H Sukiman  Tinjau Banjir, Pastikan Tertangani Dengan Baik

ROKAN HULU – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman meninjau lokasi banjir yang melanda kawasan pemukiman warga di sekitar aliran Sungai Batang Lubu di Kecamatan Rambah, Sabtu (25/12/2021)

Selain memastikan kondisi warga tedampak, terlihat Bupati bersama Ibu Bupati Hj Peni Herawati  juga telah menyiapkan dapur umum.

“Banjir ini kan suatu bencana alam yang tidak bisa di tolak ya. Nah, tindakan yang kami lakukan untuk mengevakuasi warga kita,”  ucap H Sukiman.

Banjir yang melanda satu Kelurahan dan 3 desa yang terletak di Kecamatan Rambah terjadi setelah turun hujan selama lebih kurang lebih 4 jam yang menyebabkan air sungai meluap.

Tampak sosoknya yang merakyat, Bupati H Sukiman juga menjelaskan, bahwa Pemda Rohul juga sudah menyiapkan makanan.

“Kita juga sudah menyiapkan makanan di Posko PMI. Telah saya koordinasikan kepada BPBD Rohul dan Dinas sosial dan PMI untuk bersama-sama menyiapkan makanan,” jelas H Sukiman Orang Nomor 1 di Negeri Seribu Suluk ini.

Sebelumnya, banjir merendam permukiman warga di Desa Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, petugas TNI POLRI, BPBD Rohul telah mengefakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

“Hujan deras sejak tadi malam menyebabkan Sungai Batang Lubuh meluap, sehingga menyebabkan banjir di permukiman warga di Desa Rambah Tengah Hulu,” kata Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery Samosir.

Ia mengatakan, ada ratusan rumah warga yang tergenang banjir. Ketinggian air di permukiman warga mencapai satu hingga dua meter.

Sejumlah warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, Camat Rambah Arie Gunadi mengatakan, air mulai naik ke permukiman warga.

“Air naik sejak tadi malam sampai pagi ini. Jumlah warga yang terdampak banjir saat ini tercatat sebanyak 287 KK,” kata Arie saat diwawancarai wartawan di lokasi banjir.

Ia menyebutkan, warga yang terdampak banjir paling parah telah dilakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Pihaknya mengimbau warga yang masih bertahan di rumahnya agar waspada dan menjaga keselamatan.

‘Sejak tadi malam kami bersama petugas TNI, Polri dan BPBD telah melakukan penyisiran ke lokasi banjir. Kita mengevakuasi sejumlah warga, ada juga yang sakit dievakuasi ke rumah keluarganya,” ujar Arie.

Sementara itu, Kapolsek Rambah Iptu Hasmin menyampaikan, bahwa bagi masyarakat yang hendak menuju Pasir Pengaraian bisa melewati jalur alternatif.

“Akses jalan lintas dari Ujung Batu ke Pasir Pengaraian saat ini terputus akibat banjir. Kami mengimbau bagi masyarakat yang hendak melintas, agar melewati jalan lingkar kilometer 4 Desa Suka Maju,” kata IPTU Hasmin. (Adv)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed