PENYELUNDUPAN SHABU SEBANYAK 4.273 GRAM VIA BANDARA SOETA DIGAGALKAN

TANGERANG detikperistiwa.com – Shabu sebanyak 4.273 gram yang diselundupkan via Bandara Soekarno Hatta (BSH) di gagalkan oleh petugas Bea dan Cuka BSH. Selain itu, petugas  juga mengamankan sebanyak 14 orang yang merupakan jaringan  narkotika Interasional tersebut

Menurut Kepala Kantor Bea dan Cukai BSH,  Erwin Situmorang, kemarin, jaringan narkotika Internasional untuk dapat memasukkan barang haramnya  ke  Indonesia dengan berbagai cara.. Salah satunya dimasukkan ke dalam anus oleh  salah satu  dari tiga orang tersangka warga ngara Indonesia  JM, M dan ES.

“Mereka ini warga negara Indonesia yang membawa shabu dari Malaysia. Ada yang disimpan di dalam kaus kaki,  celana dalam, bahkan adapula yang dimasukan ke dalam anus ” Kata Erwin.

Mereka diamankan, kata Erwin, berawal dari kecurigaan petugas yang melihat gerak geriknya. Seteah diperiksa, terbukti kedapatan membawa barang terlarang. “Berat barang bukti yang dimasukkan ke dalam kapsul dan anus itu mencapai 183 gram,” kata Erwin. Sementara yang disimpan di dalam kaus kaki dan celana sebanyak 1.400 gram.

Selain itu Erwin merinci, dalam kurun waktu satu bulan, Agustus – September 2016, lihaknya juga mengamankan 11 jaringan narkotika nasional lainnya. Sehingga jumlah total shabu yang berhasil digagalkan untuk di selu dupkan ke Indonesia mencapai 4,2 Kg.

Adapun modus  yang digunakan oleh jaringan ke 11 orang itu seperti biasa. Yaitu disembunyikan di pakaian dan barang bawaan. “Kasus ini sudah kami serahkan ke Polresta Bandara Soekarno-Hatta untuk dikembangkan lebihi  lanjut,” kata dia.

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Besar, Heryy Sumardji mengatakan, ke 14 orang yang diamankan itu merupakan kurir dan peberima barang terlarang tersebut, sehingga kasusnya perlu  dikembangkan lebih lanjut,” kata dia.(CAK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.