by

Mahasiswa Umaha Mewakili Sidoarjo Lolos Pendanaan PKM Indonesia, Inovasi Digital Berbasis Aplikasi Bengkel Reparasi Online 

SIDOARJO – Perkembangan dunia digital di era saat ini membuat sebagian orang mengalihkan aktivitas fisik menjadi berbasis online. Tak sedikit orang menghabiskan waktu mereka untuk menatap layar gadget (HP) untuk bermain sosmed, menonton berita, film, sinetron, sekolah online, bekerja, dll.

Berkembangnya dunia digital inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Mahasiswa di Universitas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA), Sidoarjo untuk menciptakan sebuah aplikasi online yang difokuskan pada reparasi kendaraan bermotor.

Aplikasi Bengkel Reparasi Online (BRO) adalah langkah modernisasi dunia reparasi konvensional menuju era digital. Tujuan utama diciptakannya aplikasi BRO ini untuk membantu mengembangkan bengkel-bengkel sparepat yang menduduki taraf menengah kebawah. Selain itu, membantu mengasah keahlian dan kemampuan lulusan-lulusan SMK yang masih menganggur.

Team Crew BRO, Fatra Bangun Sanjaya mengatakan, aplikasi BRO ini memberikan banyak manfaat bagi pengusaha bengkel kecil untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, membuka lowongan pekerjaan bagi teknisi di bidang otomotif, fresh graduate untuk lulusan SMK otomotif dan mengefisiensi serta mempermudah masyarakat dalam merawat suku cadang kendaraan bermotor mereka.

“Aplikasi BRO mengajak para mitra bengkel sparepat, mekanik mengakses dan menggunakan Aplikasi BRO untuk kepentingan usaha mereka yang dikemas dan dihubungkan melalui aplikasi online ini,” ujarnya. Kamis, (07/6/2022).

Aplikasi BRO beroperasi dan siap melayani masyarakat selama 24 jam. Aplikasi dapat digunakan selama mitra bengkel dan teknisi mengaktifkan aplikasi BRO. Apabila konsumen tidak mendapatkan mitra bengkel manapun, teknisi pada waktu tersebut maka dapat langsung menghubungi admin BRO pada kolom yang disediakan. Setelah itu admin BRO akan membantu sesuai kebutuhan komsumen.

“Aplikasi BRO dapat diakses dan dioperasi melalui smartphone yang sudah mendownload aplikasi BRO pada Playstore maupun Appstore. Setelah smartphone sudah terakses aplikasi BRO dan terhubung dengan paket data, maka para mitra bengkel sparepat, mekanik maupun masyarakat pada menggunakannya di mana dan kapan saja,” imbuh Sanjaya.

Pemilik bengkel Berkah Baru Motor di Kabupaten Sidoarjo, Riki Danar menambahkan, pihaknya sangat berterimakasih pada team BRO atas adanya aplikasi ini. Pemasukan bengkelnya mengalami peningkatan dan tidak sepi pengujung serta banyak konsumen yang memesan perbaikan motor melalui aplikasi BRO. (ari)

Foto : Flyer mahasiswa UMAHA yang lolos pendanaan PKM LLDIKTI Tahun 2022

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed