FORKOPIMKA LAKSANAKAN PEMBENTUKAN POSKO TANGGAP BANJIR DI  TANGGULANGIN

SIDOARJO-Forkopimka menyelenggarakan rapat koordinasi tentang pembentukan struktur organisasi tanggap darurat bencana dalam rangka memghadapi musim hujan akhir akhir ini di wilayah KecamatanTanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (14/12)

Giat dihadirui, Camat Tanggulangin, Danramil 0816/06  Tanggulangin, Kapolsek Tanggulangin di wakili Kanit Sabhara, Kepala Desa se  Tanggulangin, Kepala Puskesmas Tanggulangin dan lainnya.

Hasil rapat koordinasi  struktur organisasi posko tanggap darurat bencana banjir di wilayah  Tanggulangin, Ketua : Camat Tanggulangin, Wakil Ketua 1  Danramil 0816/06 Tanggulangin, Wakil Ketua 2 Kapolsek Tanggulangin, Keamanan dan evakuasi Kasi Trantib Tanggulangin.

Kemudian,  Seksi MCK  Kasi Pembangunan Tanggulangin, Seksi Dapur Umum  Kasi KeSos Tanggulangin, Seksi Logistik  Kasi Perekonomian Tanggulangin, Seksi Humas  Kasi Pemerintahan Tanggulangin dan Seksi Kesehatan  Puskesmas Tanggulangin.

Camat Tanggulangin Drs Tatang Priyadi SH menjelaskan tentang kondisi curah hujan yang terjadi di wilayah  Tanggulangin pada bulan bulan sebelumnya termasuk dengan curah hujan tinggi, beberapa kejadian seperti banjir terjadi sebagai dampak kondisi cuaca dan hujan yang cukup tinggi.

Selain itu juga di lakukan rapat koordinasi pembentukan Posko Tanggap  Banjir di wilayah Tanggulangin.

Dalam  persiapan Penanganan Penanggulangan Bencana Banjir di  Tanggulangin agar nantinya melakukan persiapan Tanggap Darurat diantaranya bertujuan

Memberikan pelayanan informasi kebencanaan kepada masyarakat dan Pendirian Dapur Umum. Meningkatkan koordinasi antar satuan perangkat daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Tanggulangin.

Mari sama sama meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan sikap kesiapsiagaan terkait penanggulangan bencana seperti menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan terutama di jalur air, melaksanakan normalisasi jalur air/sungai melalui kerjabakti guna meminimalisir material sedimentasi.

Dalam penanggulangan bencana lebih baik kita berupaya sebelum diingatkan oleh kejadian.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana banjir di  Tanggulangin diharapkan mampu terkoordinir secara bersama dan terpadu, mengingat urusan bencana tidak hanya mejadi kewajiban pemerintah namun juga masyarakat.

Selain itu maksud dari kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menghimbau masyarakat agar sadar peduli terhadap lingkungan dan meningkatkan kewaspadaan ditengah kondisi cuaca yang masih berfluktuasi.

Danramil 0816/ 06 Tanggulangin Kapten Inf Dwi Umiyanto menjelaskan  tujuan diadakan rapat koordinasi ini adalah suatu bentuk antisipasi dalam menghadapi ancaman bencana alam.

Seperti banjir dan puting beliung sehingga perangkat tanggap darurat bencana yang sudah terorganisir bisa segera ambil langkah dan tindakan sesuai fungsi dan tugas masing masing. (ZEEY/RUDI)

No Response

Leave a reply "FORKOPIMKA LAKSANAKAN PEMBENTUKAN POSKO TANGGAP BANJIR DI  TANGGULANGIN"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.