SATMA PP KOTA BALIKPAPAN GELAR DIKLAT DAN PENGKADERAN

BALIKPAPAN-Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA-PP) Kota Balikpapan Minggu kemarin (17/12) melakukan kegiatan pendidikan dan pengkaderan sekaligus pelantikan anggota SAPMA-PP untuk komisariat pelajar yang dipusatkan di Gedung Graha Pemuda KNPI Kota Balikpapan.

Kegiatan yang diikuti pelajar dari berbagai sekolah di Balikpapan ini dimaksudkan untuk memperluas dan menanamkan semangat pancasila dimulai dari usia remaja.

Ketua Panitia Fahmi Anwari, ST mengatakan pendidikan tentang ideologi Pancasila harus sudah ditanamkan kepada para pelajar agar nantinya mereka tidak bingung apalagi dizaman yg memungkinkan seluruh ideologi bisa masuk menjadi sebuah doktrin kepada mereka.

“Jangan sampai kita telat dan kedahuluan, sejatinya idelogi Pancasila harus sudah di tanamkan kepada mereka para pelajar agar mereka tidak bingung dengan jati diri bangsanya sendiri,” tegas Fahmi.

Serupa dengan yang dikatakan SAPMA PP Kota Balikpapan, Zaynudin, S.Pd menyerukan pentingnya pendidikan dan pengkaderan ini.

“Pasal nya pada saat sekarang ini banyak terjadi doktrin doktrin dan pembunuhan karakter pancasila yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, terlebih lagi oknum tersebut mengaku pancasilais tapi dalam implementasinya tidak ada” tegasnya.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai macam materi mengenai dasar ideologi Pancasila hingga sejarah Pemuda Pancasila, disampaikan langsung oleh kader kader SAPMA-PP Kota Balikpapan.

Selain itu, pentingnya membangun karakter serta akhlak yg baik adalah tujuan utama dari pengkaderan ini.

“Tidak hanya mementingkan ideologi Pancasila, dan sejarahnya saja, tapi kita juga ingin menciptakan kader yang memiliki akhlak baik, agar penerapan mengenai sila pertama yaitu ketuhanan ysng maha esa dapat benar-benar diimplementasikan, bukan hanya sekedar tau saja, dan tidak terjadi penistaan agama seperti yang sering terjadi belakangan ini,” tutur Imaduddin, S.Sos selaku Wakil Ketua II SAPMA-PP Kota Balikpapan.

Selain pengkaderan, kegiatan ini langsung disambung Pelantikan bagi pengurus SAPMA-PP Komisariat pelajar. dibuka dan dilantik Pengurus Wilayah SAPMA-PP Kaltim dan Sekertaris MPC Pemuda Pancasila Kota Balikpapan.

Penyematan baju SAPMA-PP yang dilakukan Sekertaris MPC Pemuda Pancasila Hazis. S.Hut, sekaligus menjadi simbolis, para pelajar resmi menjadi kader Pemuda Pancasila.

“Kita berharap mereka lah penerus Pemuda Pancasila dimasa mendatang, semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa, jangan malu menggunakan atribut loreng orange ini, kita tunjukan Pemuda Pancasila yang bermartabat dan berintelektual,” tutupnya di depan para kader SAPMA-PP Kota Balikpapan, Srikandi Pemuda Pancasila, KOTI dan tamu lainnya yang hadir dalam pelantikan tersebut. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.