by

TEROBOSAN PERTAMA DI INDONESIA, BUPATI RESMIKAN BUEK SEBAGAI LEMBAGA EKONOMI LEGAL

buek

ROKAN HULU detikperistiwa.com-Dinilai sebagai terobosan pertama di Indonesia, Bupati Rokan Hulu (Rohul), Achmad melantik pengurus dan  meresmikan Badan Usaha Ekonomi Kelurahan (BUEK), sebagai lembaga ekonomi legal di tengah-tengah masyarakat.
Peresmian itu dan pelantikan itu dilaksanakan 6 lembaga BUEK itu digelar di Halaman Kantor Bupati Rohul, Komplek Praja Pemda Pasir Pangaraian, Kamis (17/03), dalam kegiatan itu langsung disaksikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Rohul Abdul Haris Lubis.
Disampaikan, Bupati Rohul, lembaga ekonomi resmi, itu membantu masyarakat dalam permodalan untuk menghindari rentenir yang selama ini telah mencekik ekonomi masyarakat, ini terobosan pertama di Indonesia.
“Program ini awalnya setelah kita sukses membina lembaga ekonomi masyarakat yakni, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di 136 desa se Rohul, daerah kita sudah menjadi kunjungan daerah-daerah lainnya di Indonesia untuk Studi Banding (Stuban), kini kita buat BUEK,” terang Achmad yang sudah menjabat selama dua priode jadi Bupati Rohul.
Di tempat yang sama, Kepala BPMPD Rohul Abdul Haris Lubis menjelaskan ke 6 BUEK itu yakni, Kota Lama Sejahtera, ( Kelurahan Kota Lama), Bina Utama (Pasir Pangaraian) Kepenuhan Tengah (Keluharan Kepenuhan Tengah), Mitra Bersama (Ujung batu) Rokan Sejahtera (Keluarahan Rokan) dan Pelita Tambusai (Kelurahan Tambusai Tengah).
“Sesuai bimbingan dari Bupati Rohul, BUMDes sudah berjalan dengan sukses, kini BUEK ini merupakan terobosan baru, diharapkan nanti pengurus komit, termasuk nanti pengguna, “harus senang meminjam senang mengembalikan, konsep harus diterapkan” pungkas Abddul Haris Lubis yang juga Mantan Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Rohul. (Endar. R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed