by

LAKUKAN PENCARIAN SELAMA 4 HARI, TIM HENTIKAN PENCARIAN KORBAN HANYUT TERSERAT ARUS SUNGAI ROKAN

 

ROKAN HULU-Pencarian Perkiraan Korban hanyut terseret arus sungai Rokan, Selasa (26/12), TKP
Penyebarangan / Ponton milik PT. SAM-S Desa Muara Dilam Kecamatan kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)

Identitas korban Ali Hasan Siregar (26), pekerjaan BHL karyawan PT SIS, alamat Perumahan PT SIS RT 008 RW 006 Desa Muara Dilam Kecamatan Kunto Ds-Rohul

Saksi –udara Parhan Siregar (47), BHL karyawan PT SIS. Alamat perumahan karyawan PT. SIS Desa Muara Dilam Kecamatan Kunto Darussalam-Rohul.

Kronologis kejadian Minggu tanggal 24 Desember 2017 sekitar pukul 21.00 wib Korban dicoba di Parhat Siregar sepulang dari kebun / Ladang yang berada di Desa muara Dilam menuju perumahan PT. SIS

Kemudian menyebrangkan ponton secara bersama-sama dengan hubungan Parhan Regar yang di maksudkan ke rumah di Perum PT. SIS.

Se sampainya di ponto korban bisa dicorung ponton agar-agar,
setelah ponton bergerah menuju ke arah timur agar korban lekas naik ke atas ponton.

Maka korban naik ke pinton begitu juga dengan naik pangkat, namun hanya baru beberapa langkah dari landasan ponton edar terlihat korban berjalan menuju arah depan ponton untuk menggeserkan tali seling yang berada di atas depan Ponton.

Kemudian mau dengar suara jatuh tercebur ke sungai Rokan dari atas ponto dan pasang berteiak memenggil adeku … adekku ….!

Maka ada beberapa hal yang menjaga ponton yang sedang di ponto dan pasang mengghidupkan lampu sepeda motor yang berada di atas Ponton untuk penerangan, karena kondisi malam dan gelap di sertai Hujan.

Setelah, penerbangan-Saksi yang berada di atas ponton dengan menggunakan lampu sepeda motor melakukan penerangan juga korban.

Namun korban tidak ada lagi yang tahan lama, kemudian dengan lampu sepeda motor yang ada di atas Ponton melihat korban terus terbawa arus air sungai rokan sampai berjakak sekitar 40 meter dari ponton dan korban sampai saat ini belum di ketemukan.

Personel yang melakukan pencarian, Kanit Reskrim Polsek Kunto Ds IPTU BJ Tanjung, SH, Bhabinkamtibmas Desa Muara Dilam Brigadir Juwanto, pihak BNPBD Rohul dan masyarakat sekitar penyeberangan untuk melakukan penyisiran di Sungai Rokan

Pencarian yang dilakukan di sungai Rokan dengan cara penyisiran sungai yang sudah ada 15 km dr TKP kejadian, namun hasilnya saat ini masih belum ditemukan

Pukul 16.30 wib Pencarian sementara waktu yang dibutuhkan sudah mulai malam dan cari akan dilanjut besok pagi

Perkembangan selanjutnya akan tersedia pada kesempatan Pertama, upaya yang dilakukan mendatangi TKP, menerima laporan, mengambil ket tenaga, melakukan koordinasi dg pihak Pemerintah Desa Muara Dilam bersama masyarakat utk bertapa cara mencari dan berkoordinasi dengan pihak BNPBD Rohul guna giat mencari.

Jalan Percobaan di Sungai Rokan sampai dengan sekitar Pukul 17.30 wib dengan cara penyisiran sungai Rokan sampai mencapai jarak 40 Km dari TKP dan dibantu masyarakat dengan menggunakan perahu Nelayan namun korban korban di Sungai Rokan belum ditemukan

Sekira pukul 17.40 upaya Pencarian telah dihentikan, maka Tim Basarna dan BNPB serta Anggota Bhabinkantis kembali ke posko masing-masing membutuhkan upaya pencaraian selama 4 hari sudah tidak efektif lagi dan tidak membuahkan hasil sehingga tim BNPB kembali Ke Pasir Pangariyan dan Tim BASARNAS kembali Ke Pekan Baru

Langkah-langkah yang diambil Tim Basarnas / BNPB Anggota Polri, nyatakan kepada Pemerintah Desa tentang Pemberhentian Pencarian korban Keterangan tenggelam Ali Hadan Siregar, disampaikan kepada pihak Keluarga bahwasanya Pencarian sudah Maksimal.

Kemudian, menyampaikan kepada pihak keluarga dibantu pemerintah Desa bahwasanya agar keluarga ihklas atas Menghadapi Ujian yang datang dari Allah SWT dan menyampaikan permintaan maaf kepada pihak keluarga atas segala kekurangan dan kelemahan Tim dalam Pencarian Korban selama 4 hari.

* Humas Kapolres Rokan Hulu *

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed