DIDUGA TERKAIT PEMBANGUNAN FISIK DI DESA, KADES LIBATKAN CAMAT

MUSIRAWAS-Pembangunan fisik desa yang mengunakan Dana Desa (DD) tentu telah ditetapkan sesuai dengan perbub dalam untuk meningkatkan kualitas Standar Nasional Internasional (SNI).

 

Mestinya sesuai dengan juknis Pemerintah pusat ke desa untuk membangun desa yang tertinggal

Hal ini telah ditetapkan  Keputusan Menteri Pemerintahan Desa dan Daerah Tertinggal (PDT), No 83 Tahun 2017 tentang pedoman umum program inovasi desa.

Karena pentingnya kualitas bangunan di desa untuk standar SNI, namum masih saja terjadi pembangunan fisik di desa, baru menghitung bulan, tapi sudah rusak di disinyalir tak berkualitas.

Adapun hasil dari pengatan belum lama ini di Desa Marga Puspita, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musirawas, Provinsi Sumsel.

Beberapa pembangunan fisik yang mengalami kerusakan, seperti jalan usaha tani sudah retak dan pecah pecah, berikut jalan rigit beton.

Lebih pantastis berikut dengan drainase sepanjang 445 Meter baru saja dibangun dengan dana yang cukup besar, dilanjutkan pembuatan jambanisasi, namun ada yang belum terealisasi.

Pasalnya, menurut salah satu warga yang engan menyebut namanya yang dapat memberi informasi, belum lama ini, ia sempat mengeluh tentang jambanisasi  mengatakan jambanisasi belum selesai.

” Hanya ada paralon dan galian tanah saja, alasan pak kades kehabisan material, sedangkan yang lainnya sudah, kok, saya belum,” ungkap kepada tim invetigasi sambil mengeluh.

Sementara itu saat menghubungi Kepala Desa, Sumodiono (30/12) ia menegaskan kalau semua fisik sudah dikerjakan ” Ikut dalam penangungjawaban camat juga ikut serta termasuk kepolisian  bukan saya sendiri,” bebernya.

“Tapi kalau pertanggung jawaban dana desa sepenuhnya saya,” ungkapnya lagi sembari tertawa.

“Nanti kita ketemu saja kita koordinasikan secara baik itu gampang om,” kata dia lagi sambil mematikan teleponnya.

Terpisah Camat Megang Dakti, Heri Ahmadi menegaskan secara pengawasan dana desa memang pihaknya ikut serta termasuk kepolisian.

” Kapolres dan termasuk dari satgas dana desa langsung yang turun, kalau kata pak kades ikut serta tanggung jawab itu, seperti apa itu harus jelas,” ungkap camat dengan singkat

(Andika Saputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.