VIVA YOGA MAULADI: PENENGGELAMAN KAPAL PENCURI SUDAH TAK RELEPAN


JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi memberikan apresiasi dan dukungan terhadap kebijakan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan agar tidak lagi menenggelamkan kapal pencuri ikan karena sudah memberikan efek jera.

Menenggelamkan kapal pencuri ikan menurutnya sudah tidak relevan, sehingga saat ini sudah saatnya pemerintah mengeluarkan kebijakan yang bisa lebih memberikan manfaat bagi nelayan.

Daripada ditenggelamkan, lebih baik kapal pencuri ikan tersebut diberikan kepada nelayan lokal agar lebih bermanfaat.‎

“Saya setuju dengan Menko Kemaritiman agar jika ada pelanggaran karena illegal fishing dalam bentuk pencurian ikan di wilayah perairan laut Indonesia, sebaiknya tidak usah ditenggelamkan kapalnya,” tukasnya.

“Namun kapal itu disita menjadi milik negara dan dihibahkan ke nelayan Indonesia,” ujar Viva Yoga kepada Parlementaria sebelum menghadiri Rapat Paripurna, Selasa (9/1).

Menurut Politisi PAN ini, kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan juga merupakan kapal dengan ukuran kecil. Sedangkan kapal ukuran besar selalu berhasil kabur saat akan ditangkap.

‎”Selama ini pun kapal-kapal asing yang ditenggelamkan banyak yang berukuran kecil saja. Tidak seluruh kapal asing yang melakukan illegal fishing bisa ditangkap oleh kapal pengawas,” sambungnya.

Hal ini perlu menjadi perhatian Menteri Kelautan dan Perikanan agar lebih berorientasi pada asas manfaat dalam mengeluarkan kebijakan.

Ketimbang kapal pencuri ikan ditenggalamkan, akan lebih bagus jika kapal tersebut disita dan dihibahkan ke nelayan lokal. (hs/sc/pc)

No Response

Leave a reply "VIVA YOGA MAULADI: PENENGGELAMAN KAPAL PENCURI SUDAH TAK RELEPAN"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.