by

DEMO AHOK, DIDUGA API MUNCUL DI BELAKANG ISTANA

demq

JAKARTA detikperistiwa.com Selain di depan Istana Merdeka, api juga terlihat di belakang Istana. Api terlihat di Jl Veteran.

Pantauan dari dalam Istana Kepresidenan, Jakpus, Jumat (4/11), api terlihat pukul 20.30 WIB. Di belakang Istana Kepresidenan, memang ada kumpulan massa.

Belum jelas dari mana api berasal. Namun, api yang berkobar di belakang Istana tidak sebesar yang di depan Istana.

Api di depan Istana berasal dari dua truk Brimob yang dibakar. Hingga saat ini, api masih berkobar.

Kemudian, upaya polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa belum berhasil. Efek gas air mata terasa sampai bagian belakang Istana Negara.

Pantauan, pukul 20.10 WIB malam ini, sebagian pegawai Istana Negara dan Pasukan Pengaman Presiden menggunakan sapu tangan untuk menangkis efek gas air mata.

Hingga saat ini Paspampres masih siaga, lengkap dengan senjata laras panjang. Sementara di jalan Veteran, di depan kantor Wakil Presiden tak terpengaruh oleh kericuhan di depan Istana.

Arus lalu lintas ramai lancar. Tampak juga sebagian pendemo yang berjalan di jalan Veteran menuju arah Harmoni untuk pulang ke rumahnya masing-masing.

Sedangakan, Kapolri Jederal Pol Tito Karnavian menginstruksikan anggota Polri untuk tidak menembakkan gas air mata terkait ricuh yang terjadi di depan Istana Merdeka.

“Saya Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Saya minta anggota Polri untuk tidak mengeluarkan tembakan gas air mata,” kata Kapolri dengan pengeras suara dari rumah dinas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (4/11).

“Jangan bergerak maju,” perintah Kapolri lagi.

Kapolri mengingatkan demonstran juga tidak melakukan kerusuhan. “Kita semua saudara, sama-sama umat Islam tidak boleh menyakiti,” ingatnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pun memberikan wejangan sama. “Saya minta semua tenang. Mohon hentikan. Dan Kapolri sudah minta untuk tidak melepaskan tembakan. Tunjukkan suasana damai,” kata jenderal Gatot. (e/dt/l/ma)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed