by

DEMOK AHOK, PENAMPAKAN KOBARAN API DI DEPAN ISTANA MERDEKA

livd

JAKARTA detikperistiwa.com Dua truk milik kepolisian dibakar massa demonstrasi yang berbuat ricuh. Akibatnya, api sempat membumbung tinggi di depan Istana.

Truk yang dibakar berada tepat di depan gerbang Istana Merdeka. Api dengan cepat membesar dan menghanguskan truk.

Jumat (4/11), massa sempat tak terkendali. Massa melakukan pengerusakan yang berujung pada pembakaran truk. Api yang membakar truk terlihat dari jarak jauh. Bahkan di Jl Medan Merdeka Barat, kobaran api bisa terlihat.

Polisi sempat menembakkan gas air mata untuk memecah konsentrasi massa. Saat ini, kondisi mulai kondusif.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Poltik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menemui sejumlah demonstran yang masih bertahan di depan Istana. Wiranto meminta massa kembali ke rumah.

“Sudah pulang ke rumah masing-masing. Jangan-jangan (berbuat kerusuhan). Kalian masih muda, cari kerjaan saja,” kata Wiranto kepada sejumlah demonstran di persimpangan Jl Medan.

Kericuhan pecah di depan Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara. Sejumlah petugas polisi dan TNI mengalami luka-luka akibat kericuhan itu.

Pantauan di lokasi, Jumat (4/11), sekitar Pukul 20.30 WIB, ada sejumlah petugas polisi dan TNI yang terluka. Anggota TNI tersebut terlihat sedang dirawat di mobil ambulans. Dia mengalami luka di pelipis kiri matanya.

 

Selain itu satu orang polisi juga terluka di bagian wajah terkena lemparan para pendemo. Polisi itu dilarikan masuk ke dalam kompleks Istana Merdeka menuju depan Masjid Baiturrahman.

Tak lama berselang, sebuah ambulance yang selalu disiagakan di Istana Kepresidenan datang. Polisi yang terluka itu langsung dimasukkan ke dalam ambulans yang langsung melaju meninggalkan Istana.

Selain anggota polisi dan TNI, massa demonstran juga mengalami luka-luka. Terlihat ada dua orang yang digotong oleh rekannya menuju ambulans.

Belum diketahui dua orang itu mengalami luka bagian mana. Situasi sampai saat ini sudah sedikit kondusif.

Petugas kepolisian meminta massa untuk menjauh dari istana. Massa kini terpusat di Bundaran Patung Kuda.

Namun, Demo 4 November yang berujung ricuh berangsur kondusif. Polisi masih berjaga di sekitar Istana. Pantauan di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, pukul 20.30 WIB,  kondisi sudah relatif tenang. (dt/l/eb/ma)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed