by

ABDUL HARIS:TARGETKAN PERTENGAHAN NOVEMBER DANA DESA TAHAP 2 CAIR

aris

ROKAN HULU detikperistiwa.com-Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H. Abdul Haris memperkirakan Dana Desa (DD) bersumber dari APBN 2016 tahap ke II untuk 40 persen akan ditransfer pemerintah pusat di pertengahan November 2016 mendatang.

“Sehingga, BPMPD Rohul meminta agar seluruh desa bisa menggesa kegiatan DD  tahap pertama yang sudah direncanakan,” kata  Kepala BPMPD, Minggu (6/11) dan  mengatakan,  syarat pencairan dana desa tahap kedua yakni kegiatan DD sudah capai 90 persen.

“Salahsatu syarat pencairan DD, adalah kegiatan DD tahap pertama itu sudah rampung 90 persen,” jelas Abdul Haris.

Katanya lagi, saat ini pihaknya sudah keluarkan rekomendasi terkait untuk pencairan DD tahap pertama bagi 139 desa penerima. Selain DD 147 desa juga sudah dikeluarkan rekomendasinya untuk dilakukan pemindah bukuan dari kas daerah kas desa.

“Semua rekomendasi pencairan dana, baik itu DD ataupun Alokasi Dana Desa (ADD) sumber APBD Rohul 2016 sudah kita keluarkan. Kini tinggal menunggu pemerintah pusat mentransfer dana desa tahap kedua untuk segera kita proses,” sebutnya.

Jelasnya lagi, dari hasil pantauan di lapangan, saat ini pengerjaan kegiatan ADD juga DD tahap pertama sudah terealisasi rata-rata 70 persen. Diperkirakan pada pertengahan november nanti, seluruh kegiatan dana desa dan dd tahap pertama sudah rampung atau paling tidak mencapai 90 persen.

“Kita optimis, di pertengahan November nanti seluruh kegiatan DD dan ADD di desa penerima sudah rampung, sehingga setelah itu selesai kita bisa proses pencairan DD dan ADD tahap kedua,” imbuhnya. (rls/dy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed