by

PERBAIKAN JALINSUM SEBATAS TAMBAL SULAM

tambal-950x713

MUBA detikperistiwa.com- Ironis, perbaikan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di sepanjang akses Kecamatan Babat Supat menuju Kecamatan Bayung Lencir kabupaten Musi Banyuasin (Muba) masih setengah-setengah dan hanya sebatas tambal sulam. Dalam arti, perbaikan yang dilakukan tidak secara total dengan metode hotmixed seperti kondisi sebelumnya, melainkan hanya sebatas tambal-menambal.

Berdasarkan pantauan koran ini, hampir setiap harinya pengguna Jalan Lintas Sumatera Betung – Jambi menikmati kondisi jalan yang dihiasi ratusan lubang yang sewaktu-waktu dapat meregut nyawa dan amat membahayakan keamanan pengguna jalan di sepanjang jalur tersebut.

“Inikan namanya ironis dan sangat miris Mas, karena pemerintah tidak serius memperbaiki jalan ini. Seperti yang kita rasakan saat ini, perbaikan jalan ini hanya sebatas tambal sulam dengan batu pecah atau disemen di tempat yang berlubang saja,” nilai Subroto, salah satu warga Babat Supat.

Menurutnya metode perbaikan tambal sulam ini dinilai kurang pas. Selain karena tidak bisa mengatasi kerusakan secara sempurna seperti sedia kala, akses jalan tersebut juga kerap dilalui truk dan kendaraan berat yang bertonase di atas 12 ton. Sehingga cara tambal sulam itu tidak bisa dijadikan solusi karena tidak bertahan lama.

“Kerusakan jalan ini terus saja terjadi,  akibat banyaknya kendaraan besar dan bertonase tinggi yang lewat,” imbuhnya.

Senada dikatakan Sumali (43) sopir travel jurusan Palembang-Jambi, kondisi kerusakan jalan tersebut lebih dari satu tahun, tetapi jalan itu tak kunjung diperbaiki dengan  cara pengaspalan ulang. Dirinya berharap pemerintah segera menganggarkan dan memperbaiki jalan tersebut, karena menurutnya jika hanya sebatas tambal sulam kondisi jalan kian mengkhawatirkan.

“Kami merasa khawatir terjadinya kecelakaan, apalagi di saat malam hari,” bebernya.

Lanjutnya, menjelaskan saat melintas di beberapa titik di sepanjang jalur tersebut dirinya harus mengurangi kecepatan. Sebab, selain banyaknya lubang kondisi jalan juga bergelombang. ”Ini sangat membahayakan bagi pengendara,” tandasnya. (C/spc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed