by

PEMKOT TANGERANG TERUS LAKUKAN TEROBOSAN

arief-oke

TANGERANGdetikperistiwa-Dalam memberikan wawawasan nasionalisme dan meningkatkan wisata serta kesehatan masyarakatnya, Pemda Kota Tangerang terus melakukan berbagai terobosan. Salah satunya menjadikan Taman Makam Pahlawan di Jalan TMP Tarua Kota Tangerang sebagai musium Taruna.

‘”Kami jadikan gedung di area taman makam pahlawan ini sebagai musium, tidak lain untuk memberikan pelajaran kepada masyarakat, kususnya generasi muda, betapa besarnya perjuangan para pahlawan kita dulu  untuk merebut kenerdekataan itu,” kata Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Area itu dilengkapi koleksi foto-foto serta ilustrasi peristiwa Lengkong pada 25 Januari 1946 lalu, yang dipampang di gedung di area makam pahlawan tersebut, kata Arief,  tentu dapat menggugah semangat pantang menyerah para generasi muda di dalam mengisi kemerdekaannya melalui karya nyata.

” Alhamdulillah setelah gedung di area Taman Makam Pahlawan ini menjadii Museum Juang Taruna,  kondisinya terlihat berubah, yaitu jauh dari kesan serem. Mengingat ruangannya yang diisi dengan materi perjalanan sejarah lerjuangan sudah direhab,” kata dia.

Mudah mudahan, tambahnya, dengan keberadaan musium itu dapat meneladani semangat masyarakat, khususnya generasi muda agar bisa belajar dari para pahlawannya yang telah berjuang untuk  kemerdekaan bangsa dan negara.

Selain meningkatkan rasa nasionalisme dan destinasi wisata, Pemda Kota Tangerang juga telah meluncurkan enam aplikasi kesehatan. Di antaranya aplikasi E-Puskesmas, Aplikasi SMS Bunda, termasuk juga aplikasi Kamar Rumah Sakit.

“Untuk mempermudah masyarakat mendapat pelayanan kesehatan, kami juga telah meluncurkan enam aplikasi, dianaranya aplikasi SMS, Sehingga masyarakat yang ingin mendapat pelayanan dari pusjesmas, tidak perlu antre lagi,” kata Arief.

Terkait bagaiamana semangat untuk menurunkan kematian ibu dan anak, Kata Arief, juga ada aplikasi SMS bunda. Sehingga ibu-ibu  yang ingin  punya anak kehamilannya hingga melahirkan bisa di monitor dan diingatkan untuk melakukan imunisas dan lainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Liza Puspadewi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mempunyai aplikasi untuk mempermudah pelayanan kesehatan di Kota tabgerang, SMS Gateway, Salam Sehat, Kami Datang Kami Layani (Home Care), SMS Bunda, Layanan PKM berbasis Web, dan juga aplikasi Monitor Kamar RS.

“Kalau SMS gateway aplikasi layanan pendaftaran berbasis SMS untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan dan mengurangi antrian, sedang SMS Bunda informasi dan edukasi 1000 hari pertama kehidupan. Kemudian kalau aplikasi Salam Sehat yaitu sistem informasi yang dapat mengolah keluhan dari masyarakat,” Papar dr. Lisa.

“Terus aplikasi Kami datang Kami Layani (Home Care) program kunjungan rumah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita juga sediakan pelayanan puskesmas berbasis web jadi pelayanan puskesmas sudah menuju ke arah layanan paperless. Selanjutnya aplikasi monitor ketersediaan kamar  di RS, program akan menjembatani apliaksi E-Puskesmas dengan jumlah kamar di RS berdasarkan data yang disediakan oleh BPJS, dan peserta BPJS di Kota Tangerang sudah mencapai 1,350 Juta,” Terang mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang.

Dr. Lisa juga menjelaskan bahwa layanan E-Puskesmas tersebut bisa diakses melalui nomer 08113347774. “Jadi ketik SMS dengan format DAFTAR<spasi>NIK<spasi>POLI TUJUAN<spasi>PUSKESMAS TUJUAN<spasi>TANGGAl (Adv)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed