by

730 GURU HONOR TAK GAJIAN

sutrisno-pangaribuan-ke-siantar-tribun_20161108_194445

SIMANGLUNGUN detikperistiwa – Sebanyak 730 Tenaga pendidik di Kabupaten Simalungun  tidak menerima gaji dari bulan Juni 2016 lalu. Namun, mereka  masih tetap melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar.

“Kami tidak diberi gaji lagi sejak bulan Juni kemarin,”kata Anto Saragih Rumah Horbo, seorang guru di SMA N 1 Raya.

Ia juga menjelaskan kepada anggota DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan saat berkunjung ke Kota Siantar tidak mendapat gaji lagi dari Pemkab Simalungun adalah seluruh guru yang masih berstatus guru honorer.

Mereka, kata Anto Saragih, membentuk Forum Guru Honorer Simalungun untuk menyuarakan permasalah ini.

“Seluruh guru honorer yang begini, total yang sudah kami himpun ada 730 orang. Kami sudah buat wadah kami untuk menyuarakan ini, tapi masih begini saja, kami terdiri dari guru yang mengajar dari SD, SMP dan SMA,” tuturnya.

Benny Polin Purba, guru di SMP N 1 Tapian Dolok, yang mengalami hal serupa menceritakan bahwa mereka sudah menjumpai pihak legislatif untuk membicarakan permasalahan mereka ini, namun tak satu pun yang bisa membantu mereka.

“Udah ke mana-mana kami sampaikan permasalahan ini. DPRD, Ke Dinas Pendidikan. Bahkan kepada Junimart Girsang, DPR RI, sudah kami sampaikan ini. Tapi hasilnya belum ada,” ujarnya.

Armando Silalahi, guru lainnya yang mendapat nasib serupa mengatakan bahwa mereka hanya mendapat gaji seadanya, yang diambil sekolah, dari dana Bantuan Operasional Sekolah.

“Yang SD dan SMP ada dialokasikan gajinya dari dana BOS yang SMA ngak bisa. Gaji yang diterima guru pun hanya Rp 200 Ribu hingga Rp 300 Ribu setiap bulannya,” ujarnya.

Guru yang mengajar di SD N 096777 Sigodang ini menuturkan bahwa hingga sekarang di sekolah tempat mereka mengajar masih membutuhkan tenaga guru.

“Guru sangat kurang sekali. Kalau ngak ngajar kami, bisa terbengkalai lah pendidikan dari anak-anak itu,” ujarnya. (tmc/ryd) .

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed