SAMAD: PIMPINAN KPK RENTAN JADI KORBAN KRIMINALISASI

curhatan-samad-jadi-korban-kriminalisasi-usai-antasari-keluar-bui

TANGERANG detikperistiwa –Mantan Ketua KPK Antasari Azhar tengah pekan kemarin bebas bersyarat setelah menjalani tujuh tahun penjara atas pembunuhan berencana terhadap Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PBR), Nasrudin Zulkarnaen. Dia mendapat banyak ucapan selamat atas keluarnya dia dari penjara tersebut.

Salah satu ucapan selamat itu datang dari mantan Ketua KPK Abraham Samad, bahkan datang langsung menemui Antasari Azhar di kediamannya kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (12/11) kemarin.

Samad mengaku pertemuan tersebut membahas berbagai persoalan di dalam negeri. Salah satunya mengenai rawannya pimpinan KPK menjadi target serangan balik koruptor. “Karena pimpinan KPK rentan akan dikriminalisasi,” kata Samad

Menurut Samad, obrolan dengan Antasari menyangkut kriminalisasi yang kerap dihadapi pimpinan KPK. Dia meyakini Antasari merupakan korban kriminalisasi saat memimpin KPK.

“Ini bukan percaya tak percaya, tapi kan faktanya itu terjadi bagi pimpinan. Saya, Pak Antasari dan Pak Bambang (Bambang Widjojanto-red) mengalami itu,” ujar dia.

Keyaninan bahwa Antasari dikriminalisasi menurut Abraham, karena dia merasakannya. “Saya memang tidak ikuti saat itu, tapi saya yakin dikriminalisasi,” tandasnya.

Menanggapi pernyataan juniornya itu Samad hanya menyarankan agar komisioner KPK mempersiapkan diri dari serangan balik para koruptor. Sebab dia melihat menjadi pimpinan KPK tersebut memiliki resiko yang besar. “Menjadi pimpinan KPK itu harus tahu bagaimana koruptor menyerang balik. Kita ini (saat menjabat ketua KPK) telah menegakkan hukum. Ibarat membangun rumah di pinggir pantai. Ketika ada ombak besar, kita harus mengantisipasinya karena sudah resiko membangun rumah di tepi pantai akan ada ombak,” kata Antasari.

Tetapi Antasari menyatakan, dirinya tidak menyesal dengan apa yang pernah dia lakukan ketika menjadi ketua KPK. Karena, kata dia, itulah tugas dirinya. “Saya justru akan menyesal kalau saya pernah melanggar SOP KPK,” ujar Antasari di hadapan Abraham Samad.
Antasari Azhar baru bebas bersyarat usai tujuh tahun dipenjara terkait kasus pembunuhan terhadap Direktur PT PBR, Nasrudin Zulkarnaen. Antasari didakwa membunuh Nasrudin lantaran disebut terlibat cinta segitiga dengan caddy di Padang Golf Modernland Tangerang, Rani Juliani yang juga istri ketiga Nasrudin Zulkarnaen. Dalam kasus ini Antasari divonis 18 tahun bui.

Sementara itu, Abraham Samad hingga kini masih berstatus tersangka kasus pemalsuan dokumen dan paspor. Samad menjadi tersangka tak lama setelah KPK mengumumkan status tersangka terhadap calon Kapolri, Komjen Budi Gunawan. (mc/gil)

No Response

Leave a reply "SAMAD: PIMPINAN KPK RENTAN JADI KORBAN KRIMINALISASI"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.