by

RATUSAN WARGA JADI KORBAN DBD DI PIDIE

kegiatan-fogging

SIGLI detikperistiwa –– Sejak bulan Januari 2016 hingga November tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie mencatat jumlah korban terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mencapai 151 orang, meski belum ada warga dilaporkan meninggal.

“Data ini diperoleh dari pendataan petugas di setiap kecamatan. Jumlah korban tahun ini tergolong tinggi ini dibandingkan tahun lalu,” kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Pidie, Turno Junaidi SKM MKM, Selasa (15/11).

Penularan DBD terbanyak tahun ini, terjadi di bulan Januari yang mencapai 32 kasus. Sedangkan bulan Februari hingga September rata-rata terjadi 9 hingga 14 kasus. Bulan Oktober, jumlah penderita kembali melonjak hingga 24 kasus.

Turno menyebutkan, Dinkes telah berupaya mengantisipasi penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes Agipty, dengan melakukan pengaapan (fogging) di kawasan terjangkit. Selain itu, juga dilakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE), yakni pemeriksaan awal positif DBD. “Hasil penyelidikan tim FE akan menjadi dasar bagi penindakan selanjutnya seperti menurunkan petugas untuk melakukan fogging,” ujarnya. (ma/tnc/aya)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed