by

RATUSAN RUMAH DI KUMU TERENDAM BANJIR, AKSES JALINPROV TERPUTUS

banjir-kumu

ROKAN HULU detikperistiwa.com––Sekitar 300 rumah warga  di Simpang Kumu Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terendam pada  Minggu  (27/11) sekitar pukul 01.00 Wib.

Selain meredam ratusan rumah, luapan air sungai Kumu itu juga merendam jalan provinsi. Akibatnya, Jalan Lintas Provinsi (Jalinprov) itu sempat terputus.

Warga mengungkapkan, banjir di Simpang Kumu disebabkan meluapnya aliran Sungai Kumu, akibat tak tahan menampung debit air yang besar akibat diguyur hujam semalaman.

“Tadi malam kan hujannya lebat sekali, mungkin itu yang menyebabkan air sungai kumu ini meluap hingga kepemukiman warga,” kata Emi (45), warga setempat.

Kepala BPBD Rohul, Aceng Herdiana mengaku Ketinggian banjir diperumahan warga bervarisasi dan yang tertinggi menyampai 2 Meter, untuk badan jalan kedalaman antara 30 cm sampai 50 cm. Tingginya genangan banjir menyebabkan kendaraan roda dua dan roda empat tak bisa menerobos jalan lintas provinsi tersebut.

“Kita sudah membangun dapur umum dan membelikan nasi bungkus untuk para warga yang terkena musibah. Semoga banjir ini cepat surut,” kata Aceng saat meninjau banjir di Simpang Kumu.

Terpantau dilapangan, pengendara roda dua yang nekad menerobos banjir harus mendorong kendaraannya karena mogok ditengah banjir. Warga setempat juga menyediakan jasa berupa alat penyebrangan berupa sampan dan kendaraan pengangkut untuk membawa kendaraan melewati banjir. (ms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed