by

DISERANG HAMA KEONG, 30 HEKTAR LAHAN PADI GAGAL PANEN

Petani menunjukkan hama keong mas dan telur keong yang menyerang tanaman padinya di Desa Pojoksari, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (16/4). Hama yang menyerang sawah di lima desa tersebut dikeluhkan petani setempat karena berkembang biak dengan sangat cepat dan belum ada cara efektif mengatasinya. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Rei/mes/15.
Petani menunjukkan hama keong mas dan telur keong yang menyerang tanaman padinya

 

MUARASABAK detikperistiwa.com–––– Akibat hama keong mas yang menyebar dilahan padi milik petani, sebanyak 30 hektar lahan padi milik petani di Kecamatan Berbak gagal panen (fuso).

Kadispertan Tanjabtim, Ahmad Maushul mengungkapkan, untuk ancaman tersebut bahkan sudah mencapai ratusan hektar. “Sudah menyebar hampir diseluruh lahan padi milik petani,” katanya Senin(28/11).

Padi yang telah fuso, sambungnya, harus kembali ditanam, karena memang gagal panen dan tidak lagi menghasilkan. “Kami tidak tahu asal dari hama keong mas yang menyebar dilahan padi milik petani,” ungkapnya.

Mengantisipasi meluasnya hama keong mas dilahan padi milik petani, Pihaknya bekerjasama dengan petani setempat telah melakukan pembersihan hama keong mas.

“Kami minta kepada petani untuk secepatnya membersihkan hama tersebut, jangan sampai lambat dibersihkan,” jelasnya.

Disamping itu, pihaknya juga telah memberikan insektisida kepada para petani untuk membersihkan hama keong mas. Puluhan liter insektisida sudah diambil para petani untuk pemberantasan hama keong mas.

“Kami berikan gratis, silahkan petani datang dan ambil insektisida,” pungkasnya.(yos)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed