by

PEMKAB ROHUL GELAR APEL KEBHINEKAAN

apel

ROKAN HULU detikperistiwa.comApel Nusantara Bersatu di Taman Kota, Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Rabu, (30/11) semarak dan hikmat,  para peserta  bersemangat meneriakkan persatuan mengikuti rangkaian kegiatan  dengan thema, “Nusantara Bersatu, Indonesia Ku, Indonesia Mu, Indonesia Kita Bersama Bhineka Tunggal Ika”.

Terpantau seluruh peserta mengikat kain merah putih di kepala masing-masing, tanda Bhineka Tunggal Ika meski berbeda-beda bahasa, ras, suku agama, adat, Bbdaya tetap satu tujuan bangsa Indonesia.

Tampak hadir Plt Bupati H. Sukiman, Kapolres AKBP Yusup Rahmanto, Pabung Kodim 0313/Kpr untuk Rohul Mayor Inf Suprapto, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Rohul, Para Asisten, Kabag, Kepala SKPD Pemkab Rohul, Ketua GOW Rohul, jajaran TNI dan polri perwakilan masing-masing suku,etnis  se Rohul, Organisasi Kepemudaan dan lainnya.

Kelihatan menarik pada apel tersebut, penampilan putra-putri berpakaian budaya adat di 33 Provinsi se Indonesia, kemudian orasi kebangsaan beberapa tokoh Pemuda dan ASN Rohul, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kemudian pembacaan puisi kebangsaan  pelajar SMA di Rohul,  dilanjutkan atraksi penampilan Kuda Kepang persembahan dari Kecamatan Rambah dan Rambah Hilir.

Di sela-sela, Kata, H Sukiman mengatakan, apel ini digagas Panglima TNI Gatot Nurmantyo, bukan untuk mencegah perpecahan bangsa akibat situasi politik yang memanas akhir-akhir ini. Tapi kegiatan ini lebih kepada meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap NKRI.

Dia menuturkan, kegiatan ini rencananya tidak hanya digelar di Rohul saja, tapi di seluruh Indonesia secara serempak. Sehingga, sambung dia, keutuhan NKRI ini bisa terjaga dengan baik di seluruh penjuru nusantara.

“Kegiatan ini, dalam membangkitkan jiwa nasionalisme bangsa Indonesia dan memberi wahana silaturahmi untuk menjalin komunikasi antar komponen bangsa, seluruh lapisan masyarakat merapatkan barisan dengan menggelar apel kebangsaan Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika,” kata  Sukiman dalam orasinya.

“Merdeka, Merdeka,”  teriak H. Sukiman disambut semarak seluruh peserta Upacara.

“Mari kita menjaga persatuan bangga kita Indonesia, hilangkan dan jauhkan dari diri kita berbagai perbedaan, jadikan perbedaan itu menjaga Bhineka Tunggal Ika  yang sudah digagas para Pahlawan kita yang gugur di Medan perjuangan bangsa kita Indonesia serta Indahnya perbedaan itu dalam kebersamaan kita sehari-hari,” pungkas Wakil Bupati mengajak.

Di akhir kegiatan, lagu-lagu kebangsaan dinyanyikan bersama-sama semakin memeriahkan apel tersebut, seperti lagu Indonesia Raya, Dari Sabang Sampai Merauke, Merah Putih dan beberapa lagu lainnya yang diiringi orkestra yang sudah disediakan panitia. (fa/win)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed