by

DPRD TANGSEL SAHKAN APBD 2017

tangse

TANGERANG detikperistiwa.com DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk tahun 2017.

Pengesahan dilakukan melalui Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Tangsel H Moch. Ramlie, Wakil Ketua DPRD Ahadi dan Wakil Ketua DPRD Saleh Asnawi. Hadir juga Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Plt Sekda Muhammad dan unsur eksekutif Pemkot Tangsel.

Dalam Komposisi APBD 2017  disahkan tersebut yaitu terinci, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang direncanakan mencapai Rp 1,31 triliun yang terdiri dari pajak daerah sebesar Rp 1,120 miliar, Retribusi daerah sebesar Rp 90 miliar, lain-lain pendapatan asli daerah Rp 104 miliar.

Kemudian, Dana Perimbangan mencapai Rp 835 miliar yang terdiri dari Dana bagi pajak hasil atau bukan pajak sebesar Rp 144 miliar, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 581 miliar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 109 miliar.

Selanjutnya, besaran anggaran belanja daerah untuk tahun 2017 dialokasikan sebesar Rp 3,281 triliun yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 638 miliar, belanja hibah sebesar Rp 69,950 miliar,  belanja bantuan keuangan kepada provinsi/Kabupaten/Kota, pemerintah daerah dan partai politik sebesar Rp 416 juta, belanja tidak terduga sebesar Rp 19,5 miliar.

Kemudian belanja langsung sebesar Rp 2,553 triliun yang terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp 331 miliar, belanja barang dan jasa sebesar Rp 928 miliar, belanja modal sebesar Rp 1,293 triliun.

Adapun komposisi pembiayaan daerah sebesar Rp 668 miliar yang berasal dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) tahun 2016.

Ketua DPRD Tangsel Moch Ramlie mengatakan, rancangan APBD 2017 telah dilakukan pembahasan marathon, siang dan malam hari. Mulai pembahasan tingkat badan anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), komisi-komisi dan gabungan komisi, semua berjalan lancar tanpa ada hambatan. Menurutnya, APBD 2017 yang disahkan tersebut bisa dikatakan berkualitas.

“Pengesahan APBD 2017 ini sesuai target dan himbauan pemerintah pusat, bahwa November harus disahkan,” katanya. Toc/ca)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed