by

*Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda Babinsa Jadi Irup di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas*

 

 

Klaten – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke -90 Tahun 2018, Senin (29/10/2018) Pukul 07.00 Wib bertempat dihalaman SMP Muhammmadiyah Sinar Fajar Cawas Kabupaten Klaten.

Giag diikuti seluruh Guru dan siswa – Siswi dengan Inspektur Upacara (Irup) Serma Timbul Prawoto Babinsa Koramil 20 Cawas Kodim 0723 Klaten.

Hadir pada kesempatan tersebut Bamin Komsos Koramil 20 Cawas Pelda Joko Prayitna, Kepala Sekolah SMP Muh. Sinar Fajar Cawas Bpk. Agus Mulyadi S. Pd. I Guru dan Siswa dan Siswi sebagai pasukan Upacara.

Pada upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tersebut sebagai Irup Serma Timbul Prawoto membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga yang pada intinya mengajak Pemuda sebagai generasi bangsa, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018 bertema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan, sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia.

Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.

Gagasan ini untuk mengimplementasikan komitmen ini berpedoman pada nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan melalui sebuah manifestasi sikap pemuda Indonesia untuk mengisi serta menjawab berbagai peluang dan tantangan bangsa Indonesia saat ini dan yang akan datang.

Pada perspektif yang sama, Undang-Undang juga menggaris bawahi peran pemerintah atau masyarakat dalam pelayanan kepemudaan untuk menciptakan Pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Dalam prosesi tersebut juga dibacakan Ikrar sesuai dengan Ikrar Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada Tahun 1928 yang menyatakan, Berbangsa Yang Satu Bangsa Indonesia, Berbahasa yang Satu Bahasa Indonesia dan Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia.

Kepala Sekolah SMP Muhammmadiyah Sinar Fajar Agus Mulyadi S.Pd.I memberikan apresiasi dan mengucapkan termakasih atas kerjasama Koramil 20 Cawas menjadi Irup dan kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan Aman.

Setelah rangkaian kegiatan Upacara Selesai bersama Dewan Guru dan Siswa – Siswi melaksanakan sesi foto bersama sehingga dapat terjalin keakrapan dan kebersamaan dengan anggota Kormil 20 Cawas.

(penrem)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed