KETUM HMI CABANG MALANG RAYA: POLITIK IDENTITAS BISA MERUSAK DEMOKRASI INDONESIA

Keterangan Gambar: Sutriyadi (Kanan), Ketua Umum HMI Cabang Malang saat mengisi diskusi Madzab Djaeng di Malang, Kamis (8/10/2018)

Keterangan Gambar: Sutriyadi (Kanan), Ketua Umum HMI Cabang Malang saat mengisi diskusi Madzab Djaeng di Malang, Kamis (8/10/2018)

MALANG-Ketua Umum HMI Cabang Malang Raya, Sutriyadi menilai pada perhelatan pesta demokrasi Indonesia mendatang politik identitas mendominasi ruang publik.

Hal ini disampaikan saat menjadi pembicara dalam forum diskusi madzhab djaeng yang diselenggarakan HMI ISIP UMM, Kamis (8/11/2018) di Malang.

“Politik identitas begitu dominan dalam perbincangan publik saat ini,  dominasi ini disebabkan oleh tidak adanya kontestasi ideologi yang sehat dan terbuka di antara berbagai kekuatan politik yang ada”, ujarnya

Absennya kontestasi ideologi  pada perhelatan pesta demokrasi mendatang menurutnya, akan berimpilikasi kepada rusaknya masa depan demokrasi Indonesia.

“Demokrasi merupakan sistem yang mengedepankan dialog dalam ruang publik yang berlandaskan pada aspek rasionalitas. Jika demokrasi didasarkan pada aspek identitas maka akan menyebabkan degrasi sosial horizontal yakni aku dan dia, kita dan mereka”, kata Sutriyadi.

Lebih lanjut, menurut dia politik identitas akan melahirkan politik isolasi yang bersifat ekslusif atau menutup diri dari kelompok sosial lainnya. Politik identitas juga akan melahirkan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan konflik horizontal di kehidupan sosial masyarakat.

(Ferry)

No Response

Leave a reply "KETUM HMI CABANG MALANG RAYA: POLITIK IDENTITAS BISA MERUSAK DEMOKRASI INDONESIA"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.