*Sinergitas 3 Pilar Desa bersama Petugas Kesehatan adakan PIS PK*

Klaten – Babinsa Koramil 20 Cawas Serka Sriyono bersinergi dengan Kepala Desa, Bhabinkamtibmas ( 3 Pilar Desa ) bersama Petugas Puskesmas Cawas 1 mengadakan pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Wilayah Desa Tugu Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.
Kamis (8/11/2018)

Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS PK) merupakan program yang harus dilaksanakan oleh Puskesmas, Kegiatan PIS PK dilakukan dengan kunjungan kesetiap kepala Keluarga yang berada di seluruh wilayah kerja Puskesmas dengan harapan dapat mengetahui Kondisi Kesehatan Masyarakat.

Menurut Kepala Puskesmas drg. Susana Harini Zuhriyah mengatakan bahwa petugas Puskesmas akan melakukan pendataan dari rumah satu rumah ke yang lain, selain melakukan pendataan dan pengukuran tekanan darah petugas juga melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada Kepala Keluarga yang disesuaikan dengan permasalahan Kesehatan Prioritas yang ditemukan.

Dijelaskan pula ada tiga Pokok Sasaran Penyuluhan dan Pendataan antara lain tentang Program Gizi, Kesehatan Ibu dan anak, Pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta Perilaku dan Kesehatan Lingkungan.

drg. Susana Harini Zugriyah juga menjelaskan tentang 12 Indikator dalam Program Indonesia sehat dan pendekatan Keluarga, dari 12 Indikator tersebut antara lain Keluarga mengikuti Program KB, Ibu Bersalin di Fasilitass Kesehatan, Balita mendapatkan Imuniasasi dasar dan lengkap, Pemberian Asi Bayi Eklusif Bayi 0 samapai 6 bulan, Pertumbuhan balita di pantau tiap bulan, Penderita TB Paru yang berobat sesuai standar, Penderita Hipertensi berobat teratur, Gangguan Jiwa berat tidak ditelantarkan, Tidak ada anggota keluarga yang merokok, Keluarga mempunyai akses terhadap Air bersih, Keluarga menggunakan Jamban Sehat dan Keluarga menjadi anggota JKN atau Askes, ” pungkasnya.

Sementara itu Babinsa Koramil 20 Cawas Serka Sriyono mengatakan sudah menjadi tugas dan Kewajiban kita bersama Bhabinkamtibmas untuk selalu hadir di tengah -tengah masyarakat diwilayah binaan masing-masing, Terangnya.

Serka Sriyono sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Petugas Kesehatan dan Babinsa juga berharap agar selalu koordinasi dengan petugas keamanan, Pemerintah Desa dan Kecamatan sehingga data yang di miliki Puskesmas bisa Up to date.

“Alhamdulillah selama kegiatan Pendataan dapat berlangsung dengan aman dan tertib, ” terangnya.

Sumber : Penramil 20 Cawas

No Response

Leave a reply "*Sinergitas 3 Pilar Desa bersama Petugas Kesehatan adakan PIS PK*"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.