by

40 NEGARA IKUTI KEJUARAAN PENCAK SILAT DUNIA

abalik

DENPASAR detikperistiwa.com– Atlet silat dari 40 negara berpartisipasi dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat Dunia ke-17, yang berlangsung di GOR Lila Bhuana, Kereneng, Denpasar, Bali. Kejuaraan dibuka Ketua Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) pusat, Prabowo Subianto, Sabtu malam (3/12).

 

Pembukaan kejuaraan dunia pencak silat ini berlangsung meriah dengan penampilan Marching Band dan atraksi pencak silat dari berbagai perguruan silat. Dalam acara pembukaan juga dilakukan defile 40 negara yang berpartisipasi dalam ajang itu diantaranya Indonesia, Algeria, Australia, Aljazair, Belgia, Brunei Darussalam, Estoria, Prancis, Jerman, India, Iran, Jepang, Laos, Nyanmar, Malysia, Nepal.

 

Kemudian, Filipina, Pakistan, Rusia, Sinegal, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Suriname, Swiss, Thailand, Belanda, Timor Leste, Turki, Ukraina, Amerika, Inggris dan Vietnam.

 

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto berharap Kejuaraan pencak silat dunia ini dapat mempererat tali persaudaraan antara bangsa.

 

Prabowo juga berterimakasih kepada pemerintah Indonesia yakni Menpora Imam Nahrawi dan Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, yang telah mendukung kejuaraan bertaraf internasional ini.

 

Hal senada diungkapkan Menpora Imam Nahrawi yang mengharapkan ajang ini semakin memperkuat rasa persaudaraan antar negara.

 

“Beberapa waktu lalu saya membuat kerjasama (MoU) dengan pemerinyah Spanyol dan Algeria untuk mengembangkankan olahraga ini, sehingga mampu menjalin hubungan strategis antar  negara,” ujar Nahrawi.

 

“Pencak silat bukan hanya menjadi sekadar olahraga, namun menjadi budaya yang patut diperkenalkan ke seluruh negara,” imbuhnya. (bbn/rls/psk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed