by

ZAKI : P2WKSS PENDUKUNG TUJUAN PEMBANGUNAN MDGS

p2-ks

TANGERANG detikperistiwa.com– Bupati Tangerang A.  Zaki Iskandar dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar menerima langsung kedatangan tim juri Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS ) tingkat Provinsi Banten di Desa Sindang Asih Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang, Senin, (5/12).

Bupati Tangerang mengatakan, program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera, merupakan salah satu peranan wanita dalam pembangunan, sebagai upaya untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia Dan Sumber Daya Alam (SDAM/SDA), menuju terwujudnya keluarga sehat sejahtera dan bahagia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sikap dan perilaku perempuan dalam pengembangan potensinya. Selain itu, program terpadu P2WKSS pun menyasar perempuan dengan tingkat kesejahteraan masuk dalam kategori keluarga miskin, keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera tahap satu,” paparnya.
“Kami menyadari, kesuksesan program terpadu P2WKSS tidak hanya semata-mata untuk mengejar pencapaian prestasi bagi Kabupaten Tangerang. Namun lebih jauh, untuk mencapai tujuan yang lebih luas lagi, yaitu untuk mendukung upaya-upaya pemberdayaan perempuan dan program P2WKSS ini menjadi program wajib bagi Kecamatan, desa/Kelurahan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Zaki.
Tambah, Zaki, kesuksesan program terpadu P2WKSS tidak hanya semata-mata untuk mengejar pencapaian prestasi bagi Kabupaten Tangerang. Tetapi juga, untuk mencapai tujuan yang lebih luas lagi, yaitu untuk mendukung upaya-upaya pemberdayaan perempuan yang telah menjadi bagian dari pencapaian tujuan  pembangunan  Millennium Development Goals  (MDGs).

 

“Itulah yang sejatinya membuat kami yang ada di Kabupaten Tangerang senantiasa memandang penting pelaksanaan program terpadu P2WKS,” terangnya.

 

Ketua TP PKK Plt. Gubernur Provinsi Banten Neneng Nata Irawan menjelaskan, pemerintah provinsi banten telah menetapkan program penanggulangan kemiskinan yaitu pertama program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, kedua program pemberdayaan masyarakat melalui PNPM mandiri, ketiga pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil.

 

Neneng menambahkan, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2009  peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehajtera, selanjutnya disingkat P2WKSS dengan tujuan pelaksanaan program terpadu P2WKSS ini antara lain pertama, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan khususnya pemberdayaan ekonomi perempuan dalam mempertahankan kesejahteraan keluarga,

 

kedua, dapat melaksanakan program kegiatan secara terpadu dan terintegrasi di semua sektor baik pemerintah, swasta maupun organisasi masyarakat lainnya, ketiga, dapat menurunkan angka kemiskinan di setiap desa maupun kelurahan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tertinggal.

“Besar harapan saya mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memacu kita untuk terus membangun desa atau kelurahan lebih baik sesuai apa yang kita harapkan, dan peran serta ibu-ibu juga diharapkan mampu berbuat sesuatu untuk lingkungannya,” tutupnya.

 

Selaku Kepala BPMPPD Provinsi Banten, Sigit Switarto dalam kesempatan tersebut mengungkapkan kebanggaannya kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang selalu membuat bangga Provinsi Banten atas berbagai macam raihan prestasi yang membuat harum Provinsi Banten di tingkat Nasional.
“Saya juga mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Bupati Tangerang bahwa Kabupaten Tangerang khusunya pak Zaki dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Tangerang ternyata mendapatkan perhatian secara khusus dari pemerintah tingkat Nasional dan syukur alhamdulillah Kabupaten Tangerang masuk dalam nominasi terhadap penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya dari Presiden,” tutupnya. (Kwkw-Vicco- Herli-Sukma/Hms).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed