by

HAB KEMENAG KE 71 DI PASAMAN DALAM SEDERHANA

kekem

PASAMAN,detikperistiwa.com Istimewa kali ini, seluruh Kankemenag se Indonesia akan menggelar peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Ke 71 tahun 2017 dengan kesederhanaan termasuk di Kemenag Kabupaten Pasaman.

Kepala Kankemenag H. Abdel Haq Kamis (8/12) menjelaskan sesuai instruksi  Inspektorat Jenderal Kemenag H. Moh. Jasin agar pelaksanaan HAB kali ini dengan kesederhanaan dan tidak mengganggu keuangan satuan kerjanya. Menggunakan anggaran yang terjangkau dan berasal dari sumber yang sah berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

HAB kali ini katanya cukup dalam kesederhanaan, melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya upacara yang akan dipusatkan di MTsN Lubuk Sikaping dan akan dilanjutkan dengan tabligh akbar di aula kantor (3/1) mendatang serta beberapa kegiatan olahraga seperti gerak jalan santai (1/1) dan pertandingan badminton yang telah berlangsung dari kemarin.

“Untuk pelaksanaan upacara nantinya sebagai pembina Insya Allah Bapak Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis dan tabligh akbar muballigh lokal,” paparnya.

Abdel Haq menilai ini sebagai langkah cerdas Menag H. Lukman Hakim Shaifuddin untuk menciptakan birokrasi berzona integritas, wilayah bebas korupsi serta pungutan liar dan birokrasi yang bersih dan melayani.

Untuk jajarannya ia menegaskan agar mematuhi dan melaksanakan instruksi ini, menerapkan regulasi undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindakan korupsi khususnya pada pasal 12 B sebagai pedoman untuk menghindari terjadinya gratifikasi dalam pelaksanaan hari amal bhakti pada lembaga yang membidangi persoalan agama dan keagamaan di nusantara ini.

“Mari kita tingkatkan birokarsi yang bersih dan melayani serta mengharamkan pungli,” tegasnya.

Selain itu, Abdel Haq menyampaikan sekretaris jenderal Kemenag telah menerbitkan dan menurunkan instruksi nomor B-8948/B.VIII.3/HM.00.1/12/2016 tahun 2016 tentang  publikasi sapu bersih pungutan liar  sebagai tindak lanjut terhadap Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungli, mencegah terhadap praktik pungli sekaligus percepatan reformasi birokrasi, seluruh satuan kerja dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di Kemenag termasuk Pasaman. (By 78/Icuk Rz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed