by

16 CAKADES BATAL BERTARUNG DI PILKADES SERENTAK PALAS

cak

PALAS detikperistiwa.com–-Sebanyak 16 orang dari 294 bakal calon kepala desa yang akan bertarung pada pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Padang Lawas (Palas), dinyatakan gugur dan batal untuk ikut pilkades serentak Palas, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 desember mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, pilkades serentak tahun 2017 di Palas akan dilaksanakan di masing-masing desa dalam wilayah 12 kecamatan se-Palas. Namun, setelah dilakukannya verifikasi seleksi kelengkapan berkas dan persyaratan lainnya seperti penyampaian visi misi dan ujian tertulis yang disampaikan para cakades, sebanyak 278 orang calon kepala desa (cakades) dinyatakan lolos sebagai cakades dan 16 orang lainnya dinyatakan gugur.

“Sebanyak 16 orang kita nyatakan tidak lolos atau gugur sebagai cakades, karena faktor nilai yang kurang, serta adanya laporan keberatan masyarakat secara tertulis yang disampaikan kepada tim seleksi pilkades Kabupaten Palas,” sebut Sekretaris Badan Pemdes-Pemmas Kabupaten Palas, Sainal Abidin Nasution melalui Kabid Pemdes H Agus Salim Nasution, kepada wartawan, Kamis (8/12).

“Sesuai hasil penetapan panitia seleksi Pilkades Kabupaten Palas secara resmi telah mengumumkan nama-nama cakades yang lolos seleksi untuk ikut dalam pertarungan Pilkades Serentak yang dilaksanakan di 109 desa se-Kabupaten Palas nanti,” terangnya.

“Untuk selanjutnya, panitia pilkades kecamatan sudah dapat menyusun nama masing-masing cakades sesuai dengan desanya serta tanda gambar yang akan digunakan nanti pada pertarungan pesta demokrasi warga dalam pilkades,” tegasnya.

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Palas tentang Pilkades, lanjutnya, ada lima tanda gambar yang digunakan pada pilkades yaitu padi, nenas, jagung, kelapa sawit dan pisang. “Untuk penetapan tanda gambar nanti bagi setiap cakades yang ikut Pilkades, sesuai hasil penetapan musayawarah panitia kecamatan dan desa yang menyelenggarakan pilkades di masing-masing kecamatan,” katanya.

Sementara itu, sebanyak 51 orang cakades dari 21 desa di Kecamatan Sosa melakukan tahapan pengundian tanda gambar cakades, bertempat di aula Kantor Camat Sosa di Pasar Ujung Batu, Kamis (8/12).

Awalnya, sebanyak 53 cakades yang mendaftarkan diri untuk bertarung di pilkades serentak di Kecamatan Sosa, namun 2 orang cakades, masing-masing cakades dari Desa Pasir Jae dan cakades dari Desa Parapat dinyatakan gugur oleh tim panitia seleksi Pilkades Kabupaten Palas.

Baik Camat Sosa, H. Asnan Lubis, Kapolsek Sosa, AKP. Muhammad Rusli dan Danramil 09 Sosa, Kapten Arh. Saleh Hasibuan, di hadapan para cakades menyampaikan, agar masing-masing pihak agar tetap menjaga situasi dan kondisi yang kondusif di desa masing-masing baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan pilkades.

“Panitia pilkades di desa diharapkan bisa bersikap netral dalam proses pilkades dan para pendukung kandidat kades dapat menerima hasil akhir dari perhitungan suara pilkades nantinya. Jangan sampai terjadi keributan apalagi sampai bentrok dan konflik sosial di masyarakat kita karena proses pilkades nantinya,” pinta Muspika Sosa. (Maulana Syafii).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed